ASEAN Foundation



ASEAN-Foundation (Yayasan ASEAN)

 

ASEAN Foundation (Yayasan ASEAN) dibentuk berdasarkan kesepakatan para Menteri Luar Negeri ASEAN dalam pertemuan ke-31 di Subang Jaya, Malaysia, 24-25 Juli 1997. MoU tentang Pendirian Yayasan ASEAN (Memorandum of Understanding on the Establishment of the ASEAN Foundation) ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri ASEAN pada KTT Informal II ASEAN di Selangor, Malaysia, 15 Desember 1997 dengan disaksikan oleh para Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN.

 

Tujuan pembentukan ASEAN Foundation adalah:

 

1)     Meningkatkan kesadaran, interaksi dan partisipasi masyarakat ASEAN yang lebih luas dalam kegiatan-kegiatan ASEAN, antara lain melalui pengembangan SDM untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas mereka sebagai anggota masyarakat yang produktif dan bertanggung jawab dalam memberikan sumbangan terhadap kemajuan ASEAN; serta

 

2)    Mengupayakan pemberian kontribusi terhadap pengembangan strategi kerjasama pembangunan, dalam rangka meningkatkan bantuan bersama untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang merata dan pengentasan kemiskinan.

 

Dalam Hanoi Plan of Action (1998-2004) yang diadopsi oleh Pemimpin ASEAN pada tahun 1998  disebutkan bahwa ASEAN Foundation dapat mendukung aktivitas dan program-program pembangunan sosial yang ditujukan untuk menjembantani kesenjangan sosial ekonomi, dan mempromosikan ASEAN awareness bagi masyarakat ASEAN.

 

Selanjutnya, Vientiane Action Programme (2004-2010) yang diadopsi pada ASEAN Summit pada bulan November 2004, meminta penguatan ASEAN Foundation untuk membantu meningkatkan partisipasi berbagai badan-badan ASEAN dalam memajukan inisiatif pembangunan politik ASEAN melalui kegiatan people-to people contacts.

 

Peranan ASEAN Foundation menjadi semakin signifikan ketika Piagam ASEAN yang ditandatangani para pemimpin ASEAN pada tanggal  27 November 2007 pasal 15 menyebutkan bahwa:

 

1.      Yayasan ASEAN wajib mendukung Sekretaris Jenderal ASEAN dan bekerjasama dengan badan-badan ASEAN yang relevan untuk mendukung pembentukan komunitas ASEAN dengan memajukan kesadaran yang lebih tinggi mengenai identitas ASEAN, interaksi antar-rakyat, dan kerjasama yang erat antar sector bisnis, masyarakat sipil, akademisi dan para pemangku kepentingan lain di ASEAN.

 

2.    Yayasan ASEAN bertanggung jawab kepada Sekretaris Jenderal ASEAN, yang akan menyampaikan laporannya kepada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN melalui Dewan Koordinasi ASEAN.

 

  

Program-program ASEAN Foundation adalah sebagai berikut:

 

1.    Meningkatkanidentitasdankesadaranakan ASEAN (promoting ASEAN  awareness and identity)

 

2.    Meningkatkan interaksi antara berbagai pemangku kepentingan ASEAN serta membangun kemitraan (enhancing interaction among various ASEAN stakeholders and develop partnerships)

 

3.    Mengembangkan Sumber Daya Manusia dan Membangun kapasitas (Developing Human Resources and Building Capacity).

 

4.    Menjembatani kesenjangan sosial-ekonomi dan pengentasan kemiskinan (Addressing socio-economic disparities and alleviating poverty)

 

Saat ini ASEAN Foundation dipimpin oleh DR. Makarim Wibisono sebagai Direktur Eksekutif. Wakil Tetap RI untuk ASEAN beserta Wakil tetap negara ASEAN lainnya bertindak sebagai anggota Dewan Penyantun (Board of Trustees) ASEAN Foundation.

 

 

 

MEMBERS OF THE BOARD OF TRUSTEES
OF THE ASEAN FOUNDATION

Chair of the Board of Trustees​
1.H.E. Mr. I GEDE NGURAH SWAJAYA
Indonesia Permanent Representative to ASEAN
Vice Chair of the Board of Trustees
2.H.E. DATO' HASNUDIN BIN HAMZAH
Malaysia Permanent Representative to ASEAN
Members
3.H.E. LATSAMY KEOMANY
Lao PDR Permanent Representative to ASEAN
4.H.E. Mr. KAN PHARIDH
Cambodia Permanent Representative to ASEAN
5.H.E. Mr. MIN LWIN
Myanmar Permanent Representative to ASEAN
6.H.E. ELIZABETH P. BUENSUCESO
Philippines Deputy Permanent Representative to ASEAN
7.H.E. Mr. TAN HUNG SENG
Singapore Permanent Representative to ASEAN
8.H.E. Mr. SUVAT CHIRAPANT
Thailand Permanent Representative to ASEAN
9.H.E. Mr. VU DANG DZUNG
Viet Nam Permanent Mission to ASEAN
10.H.E. EMALEEN ABDUL RAHMAN TEO
Brunei Darussalam Permanent Representative to ASEAN
11.H.E. Mr. LE LUONG MINH
Secretary – General of ASEAN
12.H.E. Dr.MakarimWibisono
Executive Director of The ASEAN Foundation

 

To know more about ASEAN Foundation please click link below

ASEAN Foundation