Pelaku Bisnis di Australia berminat untuk meningkatkan perdagangan dan investasi dengan ASEAN melalui Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tanggapan ini disampaikan oleh banyak pelaku bisnis yang tergabung dalam Australia –China Business Council yang menghadiri seminar peluang bisnis di ASEAN yang diselengarakan oleh Baker & Mc Kenzie dan Australia Institute of International Affairs di Melbourne, Australia tanggal 20 Maret 2013. Wakil Tetap Indonesia untuk ASEAN, Dubes Ngurah Swajaya merupakan pembicara tunggal pada seminar ini menyampaikan peluang signifikan untuk dibentuknya Pasar Tunggal dan Pusat Produksi kompetitif ASEAN yang masih belum banyak dimanfaatkan oleh pengusaha dan pelaku bisnis dari Australia.
 
Seminar yang juga dihadiri oleh Konsul Jenderal Indonesia di Melbourne dan Darwin ini dihadiri oleh sekitar 80 pelaku usaha berbagai sektor dari Australia yang tergabung di dalam Australia-China Business Council. Berbagai pelaku bisnis antara lain dari sektor jasa, pertambangan dan mineral, transportasi, konstruksi dan pariwisata menyampaikan minat mereka untuk menggalang kerjasama perdagangan dan investasi dengan ASEAN melalui Indonesia.
 
Berdasarkan data statistik ASEAN tahun 2011, Australia merupakan mitra dagang ke-5 terbesar ASEAN dan ASEAN merupakan mitra dagang terbesar kedua setelah China dengan nilai perdagangan timbal balik sebesar US$ 67,7 milyar. Sementara itu, penanaman modal Australia masih sangat kecil yakni sekitar US$ 5 milyar dibandingkan dengan penanaman modal dari Uni Eropa US$ 18 milyar atau Jepang sebesar US$ 15 milyar.
 
Duta Besar Ngurah Swajaya menyampaikan kedekatan geografis, posisi Australia sebagai Mitra Wicara pertama ASEAN serta berlakunya ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement merupakan momentum yang harus dimanfaatkan pengusaha Australia untuk memanfaatkan Komunitas Ekonomi ASEAN yang akan dibentuk akhir tahun 2015. Pemahaman masyarakat Australia yang masih sangat minim mengenai ASEAN merupakan salah satu penyebab belum optimalnya kehadiran pengusaha Australia di ASEAN. (NS/RMK)