Bi-Weekly Quiz dan “Views on ASEAN”, Program Unggulan Website PTRI ASEAN

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Wakil Tetap RI untuk ASEAN, H.E. Ngurah Swajaya dalam sambutannya pada Peluncuran Website PTRI ASEAN, 6 Maret 2013 menyampaikan bahwa situs PTRI ASEAN mencoba  menyajikan hal-hal yang inovatif-kreatif dan interaktif dalam menyampaikan informasi terkini tentang ASEAN kepada masyarakat umum . Bi-weekly Quiz diciptakan untuk menguji sekaligus memperkaya wawasan masyarakat mengenai ASEAN, sedangkan Views on ASEAN adalah tayangan Video singkat yang menampilkan pandangan masyarakat umum mengenai ASEAN maupun manfaat yang mereka dapatkan dari ASEAN.
Peluncuran resmi website www.kemlu.go.id/ptri-asean dilakukan secara bersama oleh Dirjen Kerjasama ASEAN, I Gusti Agung Wesaka Puja, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Abdurrahman Fachir, serta Wakil Tetap RI untuk ASEAN, Ngurah Swajaya. Dalam sambutannya, Dirjen Puja menyampaikan apresiasinya atas dibentuknya situs PTRI ASEAN sebagai salah satu media sosialisasi ASEAN dan memperkuat “ASEAN awareness” di masyarakat. Sementara itu Dirjen Fachir mengingatkan perlunya kesinambungan dalam pengelolaan situs, agar masyarakat tetap tertarik untuk mengunjungi situs yang pada akhirnya akan memperkaya wawasan mereka terhadap ASEAN. Acara tersebut dihadiri oleh 40 orang dari Korps Diplomatik termasuk Duta Besar Negara mitra wicara ASEAN, kalangan Media, Think tank, serta Civil Society Organization (CSO).
Selain dua program unggulan diatas, situs PTRI ASEAN juga memiliki menu-menu yang menampilkan informasi mengenai ASEAN dan mekanisme ASEAN, utamanya Fungsi dan Kegiatan Komite Wakil Tetap untuk negara ASEAN yang berkedudukan di Jakarta antara lain hubungan ASEAN dengan mitrawicara, ASEAN Connectivity Coordinating  Committee (ACCC), ASEAN Foundation (Yayasan ASEAN), serta Joint Council ASEAN China Centre. Pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai Duta Besar yang terakreditasi untuk ASEAN serta daftar ASEAN Committee in Third Countries (ACTC).
Dalam upaya untuk menyajikan informasi mengenai ASEAN secara komprehensif, Situs PTRI ASEAN yang terintegrasi dengan portal Kemlu juga menyediakan tautan keinstitusi terkait dengan ASEAN antara lain Sekretariat ASEAN, AHA Centre, AICHR, serta ASEAN Centre di Jepang, Tiongkok, serta Republic of Korea yang bias diakses langsung oleh pengunjung. Guna menyikapi perkembangan social media, selain website, informasi mengenai ASEAN juga dapat dilihat di facebook : PTRI.ASEAN, twitter di @PTRIASEAN dan flickr: ptriasean. (NS/GF)
?

?