3rd ASEAN-EU Business Summit

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
3rd ASEAN-EU Business Summit
Joining Forces : Building a stronger ASEAN- EU Partnership for growth and prosperity
 
PTRI ASEAN menghadiri rangkaian kegiatan 3rd ASEAN-EU Business Summit di Hanoi, Viet Nam, pada tanggal 8-9 Maret 2013. Puncak kegiatan pada tanggal 9 Maret dibuka oleh Perdana Menteri Viet Nam, Nguyen Tan Dung dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh; Komisioner Uni Eropa untuk Perdagangan, Karel de Gutch; Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Vietnam, Ketua ASEAN-UE Business Council, serta para Menteri dan pejabat senior bidang ekonomi dari negara-negara anggota ASEAN, dan 700 pengusaha dari ASEAN dan Uni Eropa. Business Summit ke-3 ASEAN-EU (AEBS) diselenggarakan oleh KADIN Eropa (The European Chamber of Commerce/EuroCham) di Viet Nam bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan Industri Viet Nam, KADIN Viet Nam dan Kantor Perwakilan Diplomatik Uni Eropa di Viet Nam, dengan mengangkat tema ”Joining Forces : Building a stronger ASEAN- EU Partnership for growth and prosperity”. Bidang-bidang kerjasama yang menjadi fokus pembahasan antara lain the Future Automotive outlook in ASEAN, Banking on ASEAN Economic Community, ICT-The next growth Engine, Connectivity towards economic integration, serta bidang farmasi.
 
Dari kegiatan ini dapat dicatat antusiasme tinggi dari pengusaha Uni Eropa untuk lebih meningkatkan kehadirannya di kawasan ASEAN yang dinilai sangat potensial, khususnya menjelang pembentukan Komunitas ASEAN akhir tahun 2015. Kalangan pengusaha Uni Eropa dan Komisioner Uni Eropa bidang perdagangan mengharapkan terciptanya kondisi yang kondusif di kawasan ASEAN, termasuk regulasi yang seragam untuk dapat menarik investasi Uni Eropa ke ASEAN. Dalam bidang connectivity, beberapa rekomendasi yang disampaikan kalangan pengusaha antara lain pembenahan fasilitas dan mekanisme cross border dan custom serta pemanfaatan teknologi modern untuk memudahkan lalu lintas orang dan barang antar negara ASEAN. Kerjasama bidang keuangan ASEAN dan Uni Eropa juga diharapkan dapat meningkatkan akses pendanaan bagi pengusaha kecil dan menengah (UKM).
 
ASEAN-EU Business Summit (AEBS) merupakan kegiatan dialog tahunan yang melibatkan pengusaha ASEAN dan Uni Eropa yang dirintis pelaksanaannya oleh Indonesia saat menjadi Ketua ASEAN tahun 2011. AEBS untuk pertama kalinya diselenggarakan di Jakarta pada bulan Mei 2011, kemudian dilanjutkan dengan AEBS ke-2 di Phnom Penh, Kamboja pada bulan April 2012. Bisnis summit serupa juga diselenggarakan secara regular antara ASEAN dengan negara mitra wicaranya, seperti Amerika Serikat, yang telah dilaksanakan untuk pertama kalinya pada bulan Agustus 2012, di Siem Reap, Kamboja. Dalam kerjasama ekonomi ASEAN-Uni Eropa, ASEAN merupakan mitra dagang terbesar ke-3 Uni Eropa dengan nilai total perdagangan mencapai USD 38 Milyar  pada tahun 2012, sementara itu Uni Eropa merupakan penanam modal asing terbesar ke ASEAN dengan nilai investasi mencapai USD 17 Miliar pada tahun 2011.(NS/RA)
?
 

?