India

1/6/2016

Overview Hubungan Kemitraan ASEAN - India

 

India menjadi mitra wicara penuh ASEAN pada KTT ke-5 ASEAN di Bangkok,Thailand, 14-15 Desember 1995 setelah sebelumnya menjadi Mitra wicara sektoral sejak 1992. Kerja sama ASEAN-India merupakan salah satu kerja sama yang memiliki potensi sangat besar dilihat dari jumlah penduduk, luas wilayah dan letak strategis kedua pihak.
 
Para Pemimpin ASEAN sepakat dalam memandang India sebagai salah satu mitra dagang penting bagi ASEAN. Terkait hal tersebut, pada KTT ke-10, para Pemimpin ASEAN-India menekankan bahwa peningkatan kerja sama ASEAN-India di bidang ekonomi dan perdagangan akan lebih memperkuat hubungan kerja sama ASEAN-India ke depan. ASEAN-India menyambut baik peluncuran negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di sela-sela KTT ke-21 ASEAN, sebagai upaya untuk memperkuat perekonomian serta memperkecil kesenjangan pembangunan di kawasan.
 
Volume perdagangan ASEAN-India pada tahun 2012 telah mencapai US$ 74.9 milyar, melampaui target yang dicanangkan oleh para Pemimpin ASEAN-India pada KTT ke-8 ASEAN-India di Hanoi, Vietnam sebesar US$70 milyar. Saat ini ASEAN dan India masih berupaya menyelesaikan negosiasi di bidang jasa dan investasi. Pada KTT ke-10 ASEAN-India bulan November yang lalu, para pemimpin ASEAN-India sepakat untuk mendorong percepatan terhadap finalisasi ASEAN-India Trade in Services and Investment Agreements dengan prinsip mutual flexibility antara ASEAN dan India. Perjanjian tersebut diharapkan akan menjadi tonggak bagi peningkatan kerja sama ekonomi ASEAN-India, terutama dalam meningkatkan arus investasi antara ASEAN-India.
 
Pada KTT ke-10 ASEAN-India, para pemimpin ASEAN menyampaikan apresiasi atas dukungan India terhadap Master Plan on ASEAN Connectivity dan menggarisbawahi pentingnya keterhubungan antara ASEAN dan kawasan Asia Selatan.
 
Kerja sama sosial-budaya ASEAN-India meliputi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, teknologi informasi dan komunikasi, bioteknologi, farmasi dan kesehatan, pengembangan sumber daya manusia, pariwisata, budaya, people-to-people contact dan termasuk di dalamnya berbagai proyek di bawah Initiative for ASEAN Integration (IAI).
 
Tahun 2012 merupakan tahun peringatan 20 tahun hubungan kemitraan ASEAN-India. Dalam kesempatan tersebut, sejumlah kegiatan peringatan diselenggarakan untuk memperingati 20 tahun hubungan kemitraan tersebut, antara lain; ASEAN-India Car Rally (AICR), serta ASEAN-India Commemorative Summit.
 
ASEAN-India Commemorative Summit diselenggarakan di New Delhi, India, pada tanggal 20-21 Desember 2012. KTT Peringatan ini merupakan puncak serangkaian kegiatan dalam kerangka peringatan 20 tahun kemitraan ASEAN-India dan memiliki agenda utama pembahasan arah masa depan hubungan kerja sama ASEAN-India serta pengesahan Vision Statement of the ASEAN-India Commemorative Summit
Dalam KTT ini, para Pemimpin ASEAN-India sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang Politik dan Keamanan melalui peningkatan dialog dan kerja sama dalam forum bilateral dan multilateral mengenai berbagai isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama, seperti pemberantasan terorisme, peningkatan kerja sama di bidang keamanan maritim, serta kerja sama dalam menghadapi tantangan non-traditional security.
 
KTT juga telah mengesahkan Vision Statement of the ASEAN-India Commemorative Summit yang berisi visi bersama para Pemimpin ASEAN dan India bagi masa depan hubungan kemitraan ASEAN-India. Dokumen tersebut juga mendeklarasikan peningkatan hubungan kemitraan ASEAN-India ke tingkat strategis.
 
Sebagai upaya dan simbol penguatan konektifitas diantara ASEAN dan India, khususnya dibidang Physical dan People-to-people connectivity. ASEAN-India Car Rally (AICR) kembali diselenggarakan di penghujung 2012. Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah dari etape pertama reli ini dengan melewati Jalur Yogyakarta dan Solo, sebelum kegiatan dilanjutkan ke etape berikutnya di Singapura. Flag-off ceremony dilaksanakan pada tanggal 26 November 2012 di depan alun-alun Keraton Yogyakarta. AICR kemudian menempuh rute di beberapa negara ASEAn dan finish di India.
 
Upacara flag down ASEAN-India Car Rally telah dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2012 di Vigyan Bhavan-New Delhi, India. Upacara tersebut menandai penyelesaian reli yang melewati 8 negara anggota ASEAN ini. Total jarak perjalanan yang ditempuh oleh para peserta reli dimaksud mencapai lebih dari 8,000 km. Kesuksesan penyelenggaraan event ini merupakan salah satu pencapaian yang positif sebagai penutup tahun 2012. Kedepan, diharapkan hubungan diantara kedua masyarakat ASEAN dan India akan menjadi lebih kuat sehingga dapat semakin mendukung upaya peningkatan perdagangan dan kemitraan ASEAN-India secara lebih luas.