Pemain-pemain cilik sepak bola Indonesia berhasil meningkatkan prestasi Indonesia di Ajang Kejuaraan “The 10th Danone Nations Cup”di Afrika Selatan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tim sepak bola anak-anak Indonesia ikut berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia “The 10th Danone Nations Cup” yang berlangsung  pada tanggal 01 – 03 Oktober 2010  di Pretoria dan Soweto, Afrika Selatan. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 40 negara dari seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.

Tim sepak bola Indonesia terbagi menjadi 2 tim, yaitu Kelompok I Tim 2009 dengan kategori umur 12 -13 tahun dan Kelompok II Tim 2010 dengan kategori  umur 11 - 12 tahun. Di sela-sela pertandingan awal, Duta Besar RI Sjahril Sabaruddin didampingi fungsi Pensosbud berkunjung ke tempat pertandingan, dimana Dubes disamping memberikan wejangan dan semangat kepada kedua  Tim Indonesia tersebut, juga ikut menyaksikan langsung pertandingan penyisihan antara Indonesia dan Itali yang berlangsung di Pretoria, pertandingan  dimenangkan oleh Kelompok I Tim Indonesia dengan score  2 – 0.

Kelompok I Tim Indonesia 2009 tersebut masuk dalam group C dan bertanding dengan Switzerland, Mesir, Itali dan Inggris. Dalam group ini Tim Indonesia berhasil mengalahkan 4 negara, namun harus menerima kekalahan ketika melawan Switzerland.

Dalam putaran 16 besar, Kelompok I Tim Indonesia berhasil mengalahkan Chili 2 -0, sedangkan pada perempat final Indonesia seri saat menghadapi Tim Afrika Selatan. Pada babak semi final Tim Indonesia 2009 mengalahkan Maroko dengan score 3 – 0, namun pada babak final, Indonesia harus mengalah dengan tim sepak bola Ukraina, sehingga posisi Tim Indonesia 2009  hanya menempati urutan ke 6 dalam Kejuaraan Piala Dunia The 10th Danone Nations Cup tersebut. Namun bila ditinjau dari jumlah negara peserta  (40 negara) yang mengikuti kejuaraan tersebut, Indonesia harus berbangga hati karena anak-anak Indonesia dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa karena masuk kelompok The Best Ten dalam kejuaraan tersebut.

Sementara itu Kelompok II, Tim Indonesia 2010 yang masuk dalam group C, bertanding dengan Perancis, Austria, Kanada dan Aljazair. Dalam group ini, Tim Indonesia 2010 berhasil mengalahkan Aljazair, Austria, Kanada dan Aljazair, namun dalam putaran ke 16 Indonesia dikalahkan oleh Maroko 0 – 1.

             Selanjutnya di putaran perempat final Kelompok II, Tim Indonesia 2010 di kalahkan oleh tim Spanyol dengan score 0 – 1, sementara pada semi final pertandingan antara Indonesia melawan Rusia dengan kedudukan seri dengan score  1 – 1. Pada putaran Final, Indonesia mengalahkan Portugal dengan score 3 – 1, sehingga Kelompok II Tim Indonesia 2010 menduduki urutan ke 15 pada Kejuaraan Piala Dunia The 10th  Danone Nations Cup.

Prestasi dua kelompok tim cilik Indonesia tersebut sangat membanggakan bangsa Indonesia, terlebih lagi bila dilihat dari tim kesebelasan kelompok Asia, maka hanya tim Indonesia dan Jepang saja yang masuk dalam kelompok tim sepak bola terbaik, sedangkan jumlah peserta yang turut dalam kompetisi ini adalah 40 negara.

Dapat ditambahkan bahwa pertandingan-pertandingan Kejuaraan Dunia The 10th Danone Nations Cup berlangsung di Pretoria dan Soweto dengan hasil : untuk Tim 2009 , Juara I, Tim Afrika Selatan, Juara II , Tim Switzerland dan juara III, Tim Brazil dan untuk  Tim 2010,  Juara I, Tim Meksiko, Juara II, Tim Uruguay dan Juara III, Brazil.