Tentara Nasional PNG Apresiasi Bantuan TNI untuk turut Sukseskan Pelaksanaan APEC Leaders Week 2018

Tentara Nasional Indonesia (TNI) melaksanakan serah terima bantuan berupa munisi untuk Meriam / saluting gun dan pelatihan kapasitas bagi personel Tentara Nasional Papua Nugini / PNG Defence Forces (PNGDF) di Air Transport Wing Base, Port Moresby, pada tanggal 24 Oktober 2018. Bantuan dari TNI kepada PNGDF tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan Indonesia bagi kesuksesan pelaksanaan APEC Economic Leaders Week (AELW) yang akan diselenggarakan di Port Moresby pada bulan November 2018. Bantuan munisi tersebut rencananya akan digunakan untuk upacara kenegaraan pada pelaksanaan AELW dan upacara kenegaraan pada kesempatan lainnya.  

 

Hadir mewakili Panglima TNI padaAcara serah terima adalah Direktur D BAIS TNI, Marsekal Pertama Suryamargono, Duta Besar RI Port Moresby, Ronald J.P. Manik dan Atase Pertahanan KBRI Port Moresby, Kol. Anggara Sitompul. Sementara bertindak mewakili Komandan PNGDF untuk menyampaikan sambutan adalah Kapten (N) Philip Polewara selaku PNGDF Chief of Staff, dan pejabat penerima bantuan adalah PNGDF Chief of Logistic, Kolonel Benoma Siria. 

 

Dalam sambutannya Duta Besar RI menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Indonesia diantara berbagai bantuan sebelumnya yang telah diberikan sejak Indonesia menyatakan dukungan untuk PNG sebagai tuan rumah bagi pelaksanaan APEC 2018 pada tahun 2013 di Bali. Dubes RI juga menyampaikan harapannya bagi kesuksesan pelaksanaan ketuanrumahan PNG pada APEC 2018. 

 

Senada dengan pernyataan Dubes RI, Marsekal Pertama Suryamargono kembali menegaskan komitmen TNI untuk mendukung PNGDF mensukseskan pelaksanaan APEC 2018 di PNG. Sementara dalam sambutan PNGDF Chief of Staffmenyampaikan belasungkawa dan rasa simpati paska bencana di sejumlah wilayah Indonesia. Pihaknya memahami bahwa Indonesia saat ini tengah mengalami masa-masa sulit, sehingga PNGDF sangat menghargai kesediaan TNI memberikan bantuan amunisi dan pelatihan tengah upaya TNI mendukung proses pemulihan di wilayah terdampak bencana. ​