Portal Perlindungan WNI

​​PORTAL PEDULI WNI

TINGKATKAN LAYANAN PERLINDUNGAN WNI DI LUAR NEGERI


Dalam rangka meningkatkan upaya perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI), Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia meluncurkan Portal Perlindungan Warga Negara Indonesia, yang bertujuan sebagai basis data bagi para WNI yang berada di luar negeri.

Portal dengan alamat situs yaitu: http://peduliwni.kemlu.go.id/tersebut, diluncurkan dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM), di Jakarta, Selasa 9 Januari 2018.

Dalam PPTM 2018 tersebut, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menegaskan bahwa Kemenlu akan terus berinovasi ke arah sistem perlindungan WNI yang lebih baik, salah satunya melalui portal ini yang mengintegrasikan seluruh data base nasional sehingga pelayanan kekonsuleran menjadi satu sistem, satu data dan satu standar.

Portal Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri (PEDULI WNI) merupakan sistem yang memfasilitasi pendataan WNI di Luar Negeri melalui fitur lapor diri, serta memudahkan WNI untuk mengajukan pelayanan terkait kekonsuleran, kependudukan dan catatan sipil, keimigrasian, ketenagakerjaan, dan memudahkan WNI untuk mengajukan pengaduan secara mandiri langsung melalui aplikasi. Portal ini juga diharapkan dapat memberikan kemudahan pelayanan dan perlindungan bagi Wagi WNI di luar negeri, termasuk WNI yang berdomisili dan bekerja di Kamboja. Secara umum, portal ini memiliki 3 fitur utama yang dapat memfasilitasi WNI yang berada di luar negeri, antara lain:

  1. Lapor Diri
    Dengan melakukan lapor diri, pihak perwakilan akan lebih optimal dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada WNI di luar negeri. Bagi WNI yang pindah dan menetap ke luar negeri, cukup melakukan lapor melalui portal PEDULI WNI, dan tanda bukti lapor diri akan langsung dikirimkan ke email WNI. Portal PEDULI WNI memfasilitasi lapor diri kedatangan, perpindahan dan kepulangan.
     
  2. Pelayanan
    Pelayanan prima bagi WNI melalui pengajuan mandiri untuk layanan kekonsuleran, kependudukan dan catatan sipil, keimigrasian, ketenagakerjaan, dan layanan lainnya. Melalui portal PEDULI WNI, WNI dapat melakukan tracking status layanan dengan mudah.
     
  3. Pengaduan
    Pengajuan pengaduan kasus maupun pengaduan terhadap pelayanan yang diberikan kepada WNI, dapat dilakukan dengan mudah melalui portal PEDULI WNI. WNI juga dapat melakukan tracking status penanganan pengaduan yang telah WNI ajukan dengan mudah.

KBRI Phnom Penh mendorong agar kiranya seluruh WNI yang berada di wilayah Kamboja dapat melakukan Registrasi / Pendaftaran ke portal tersebut pada waktunya, sehingga para WNI di Kamboja dapat terdata secara detail/rinci serta dapat memaksimalkan pelayanan dan perlindungan dari KBRI Phnom Penh kepada WNI di Kamboja. (Sumber: KBRI Phnom Penh dan Web Peduli WNI)

Portal-Perlindungan-WNI--0.jpg
Portal-Perlindungan-WNI--1.JPGPortal-Perlindungan-WNI--2.JPG
Portal-Perlindungan-WNI--3.JPG

Portal-Perlindungan-WNI--4.JPG

Portal-Perlindungan-WNI--5.JPG