10 TAHUN BALAI BAHASA INDONESIA PERTH

Tahun 2018 ini, genap sepuluh tahun Balai Bahasa Indonesia Perth atau BBIP berkiprah dalam membantu  mempromosikan Bahasa Indonesia di negara bagian Australia Barat. Ulang tahun BBIP yang kesepuluh ini dirayakan dengan meriah pada tanggal 9 Maret 2018 di Nedland Yatch Club Perth. Para tamu undangan yang mencapai 200 orang baik dari kalangan pemerintah, parlemen, akademisi maupun masyarakat setempat. Antusiasme para tamu undangan yang hadir  menjadi bukti nyata bahwa BBIP telah berperan penting dalam mendorong kecintaan warga Australia terhadap Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia di Perth sangat diminati terbukti dengan adanya kurikulum bahasa Indonesia yang diajarkan di 137 sekolah dasar dan menengah di Australia Barat. Selain itu di tingkat perguruan tinggi, Bahasa Indonesia juga menjadi mata pelajaran yaitu di Universitas Western Australia dan Universitas Murdoch.

Menurut Bill Johnston yang hadir pada acara peringatan tersebut: BBIP merupakan satu elemen penting untuk meningkatkan hubungan antar masyarakat Indonesia dan Australia. Pengenalan Bahasa Indonesia sangat penting kata Menteri yang fasih berbahasa Indonesia ini. Apabila dapat berbahasa Indonesia, penerimaan masyarakat Indonesia akan lebih baik dan ini akan menguntungkan saat berkunjung ke Indonesia demikian tuturnya. Bill Johnston merupakan Menteri Negara Bagian Australia Barat urusan Asia sekaligus pernah menjadi anggota dewan BBIP.

Apresiasi juga diberikan oleh  Konsul Jenderal RI Perth kepada BBIP atas peranannya dalam mempromosikan Bahasa Indonesia di Australia Barat. Konjen RI mengharapkan adanya kesinambungan dalam menjalankan misi mempromosikan Bahasa Indonesia oleh BBIP.

Saat dimintakan kesannya,  Karen Bailey menyampaikan bahwa kecintaannya kepada Indonesia sudah sejak tahun 1998. Kecintaan kepada Indonesia diwujudkan dengan pendirian BBIP pada tahun 2007. BBIP telah berkembang pesat dan menjadi Lembaga kursus Bahasa Indonesia yang diakui eksistensinya dalam memperkenalkan Bahasa Indonesia di Perth. Sejak tahun 2008 sudah terdapat kurang lebih 1700 peserta kursus BBIP.

Acara peringatan ulang tahun BBIP diisi  dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun dan diikuti makan malam ala Indonesia yang dipesan di restoran Indonesia di Perth, Bali Cuisine. Panitia secara khusus mendatangkan penyanyi Indonesia Michael Jakarimilena untuk menghibur para tamu undangan.  Hiburan lagu-lagu Indonesia dan poco-poco bersama semakin menyemarakkan acara tersebut. Para undangan yang hadir juga mendapat kesempatan untuk memenangkan undian paket wisata menginap di beberapa destinasi wisata di Bali.​

BBIP merupakan satu-satunya lembaga di Australia Barat yang memberikan kursus Bahasa Indonesia bagi orang dewasa. BBIP menjadi wadah bagi masyarakat di Australia Barat  dalam menguasai keterampilan berbahasa Indonesia. Para murid-murid BBIP  terdiri dari berbagai kalangan seperti anggota parlemen, pejabat pemerintah, dan kaum profesional yang pekerjaannya berinteraksi dengan Indonesia. Pendirian BBIP mendapat dukungan dari Konsulat Jenderal RI di Perth dan Kedutaan Besar RI di Canberra. KJRI selama ini membantu menyediakan tempat untuk pelaksanaan kursus oleh BBIP.