Lapor Diri

​​

​​Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris menghimbau kepada setiap WNI untuk melapor keberadaannya kepada KBRI Paris apabila akan tinggal lebih dari 5 (lima) hari di wilayah Perancis, Monako, dan Andorra, baik untuk tujuan wisata/singgah sementara, belajar/kuliah, bekerja maupun yang akan menetap.

Lapor diri juga dihimbau kepada WNI yang sudah selesai belajar/kuliah atau bekerja dan akan kembali ke Indonesia, serta untuk mereka yang pindah alamat dari tempat sebelumnya dan sudah melapor/terdaftar di KBRI Paris.

Dari pelaporan tersebut, KBRI Paris akan memiliki data lengkap mengenai keberadaan WNI di wilayah akreditasi, dan memudahkan KBRI Paris dalam memberikan bantuan serta perlindungan kepada setiap WNI. Dari pengalaman selama ini, lapor diri cenderung diabaikan, sehingga ketika terjadi masalah atau musibah, KBRI Paris tidak dapat memberi bantuan secara cepat karena tidak memiliki data WNI tersebut.

KBRI Paris juga menghimbau kepada seluruh WNI yang berada di wilayah akreditasi agar menjaga diri masing-masing dan menjaga citra bangsa dan negara Indonesia di Perancis.

 

PROSEDUR DAN PERSYARATAN LAPOR DIRI

A. Untuk wisatawan/singgah sementara, kurang dari 3 (tiga) bulan

  1. Datang langsung ke Fungsi Konsuler KBRI Paris dengan membawa Paspor asli dan melampirkan 1 (satu) buah foto identitas berwarna ukuran 3,5 X 4,5 cm.
  2. Mengisi formulir lapor diri kurang dari 3 bulan dan ditandatangani
  3. Fungsi Konsuler akan membubuhkan cap lapor diri dalam Paspor
  4. Proses dapat ditunggu
  5. Tidak dipungut biaya

B. Untuk Pelajar/Karyasiswa dan WNI yang akan menetap:

  1. Datang langsung ke Fungsi Konsuler KBRI dengan membawa Paspor asli dan melampirkan 1 (satu) buah foto identitas berwarna ukuran 3,5 x 4,5 cm. Kantor Fungsi Konsuler buka dari hari Senin s/d Jumat dari jam 14:30 s/d 16:30.
  2. Mengisi formulir Keterangan Lapor Diri / Kedatangan dan ditandatangani
  3. Fungsi konsuler akan membubuhkan cap lapor diri dalam Paspor
  4. Kepada yang sudah memiliki carte de sejour, KBRI Paris akan mencantumkan alamat di dalam Paspor
  5. Proses dapat ditunggu
  6. Khusus untuk pelajar/karyasiswa diwajibkan pula melapor ke Fungsi Pendidikan KBRI Paris dengan mengisi formulir kuning dan menyerahkan beberapa berkas fotokopi tentang program studinya di Perancis. (Untuk keterangan lebih lengkap, silakan menghubungi Fungsi Pendidikan di nomor : 0145038187 / 0145038188)
  7. Untuk kemudahan, WNI yang tinggal di luar kota Paris, Formulir Keterangan Lapor Diri/Kedatangan dapat di download dan dicetak, diisi lengkap untuk kemudian dikirim bersama Paspor asli melalui pos tercatat (récommandée / lettre suivie) dengan melampirkan amplop balasan berperangko tercatat (récommandée / lettre suivie) untuk pengembalian Paspor. Catatan : KBRI Paris tidak bertanggungjawab atas kehilangan/kerusakan Paspor dan dokumen selama dalam proses pengiriman melalui jasa pos atau jasa pengiriman lainnya.
  8. Lapor diri tidak dipungut biaya​​ 

 

Keterangan lebih lanjut

Silakan menghubungi Fungsi Konsuler KBRI Paris

Telpon : 01 45 03 81 53 / 81 75 / 81 91

Faksimil : 01 45 04 50 32

Email : konsulerparis@yahoo.fr