Lapor Diri

​​

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris menghimbau kepada setiap WNI untuk melapor keberadaannya kepada KBRI Paris apabila akan tinggal lebih dari 5 (lima) hari di wilayah Perancis, Monako, dan Andorra, baik untuk tujuan wisata/singgah sementara, belajar/kuliah, bekerja maupun yang akan menetap.

Lapor diri juga dihimbau kepada WNI yang sudah selesai belajar/kuliah atau bekerja dan akan kembali ke Indonesia, serta untuk mereka yang pindah alamat dari tempat sebelumnya dan sudah melapor/terdaftar di KBRI Paris.

Dari pelaporan tersebut, KBRI Paris akan memiliki data lengkap mengenai keberadaan WNI di wilayah akreditasi, dan memudahkan KBRI Paris dalam memberikan bantuan serta perlindungan kepada setiap WNI. Dari pengalaman selama ini, lapor diri cenderung diabaikan, sehingga ketika terjadi masalah atau musibah, KBRI Paris tidak dapat memberi bantuan secara cepat karena tidak memiliki data WNI tersebut.


 

PROSEDUR DAN PERSYARATAN LAPOR DIRI

​​Lapor diri harus dilakukan secara online melalui portal Portal Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri (Portal Peduli WNI) yang dikelola oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

1. Lakukan registrasi ke Portal Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri. Silahkan klik   

​https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

2. Setelah berhasil melakukan registrasi, Anda akan menerima email perihal Verifikasi Akun Email. Aktivasi akun Anda dengan meng-klik link website yang diberikan.

3. Lakukan Lapor Diri. Anda perlu mengunggah persyaratan dokumen yang diperlukan seperti KTP, Paspor dan Kartu Izin Tinggal.

4. Apabila Anda telah berhasil mengajukan permohonan Lapor Diri online, Anda akan menerima email pemberitahuan Nomor Registrasi Lapor Diri. Pada tahap ini, permohonan Lapor Diri Anda masih menunggu verifikasi.

Apabila Lapor Diri telah diverifikasi, Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui email beserta Tanda Bukti Lapor Diri.

Selanjutnya, Anda dapat mengajukan pelayanan dan pengaduan langsung melalui Portal Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri.​

 ​

Keterangan lebih lanjut

Silakan menghubungi Fungsi Konsuler KBRI Paris

Telpon : 01 45 03 81 53 / 81 75 / 81 91

Faksimil : 01 45 04 50 32

Email : konsulerparis@yahoo.fr