PENCATATAN KELAHIRAN WNI DI PERANCIS

​​WNI yang lahir di Perancis, Andorra dan Monako (termasuk anak dari pernikahan WNI dan WNA yang lahir di Perancis, Andorra dan Monako) dihimbau untuk mencatatkan kelahirannya di KBRI Paris untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Dalam mencatat kelahiran WNI, KBRI Paris mengeluarkan Surat Bukti Pencatatan Kelahiran WNI, bukan Akte Kelahiran. Surat Bukti Pencatatan Kelahiran WNI tidak dapat digantikan oleh dokumen perjalanan seperti paspor. 


Bagi WNI yang akan kembali ke tanah air, kelahiran anak harus dilaporkan ke Kantor Catatan Sipil paling lambat 30 hari setelah sampai di Indonesia.

SYARAT-SYARAT UNTUK MEMPEROLEH
SURAT BUKTI PENCATATAN KELAHIRAN WNI DI PERANCIS




  1. Orang tua yang berwarganegara Indonesia telah terdaftar di KBRI Paris.
  2. Mengisi formulir Pelaporan Kelahiran DENGAN HURUF CETAK DAN LENGKAP serta ditandatangani oleh kedua orang tua dan 2 (dua) orang Saksi.
  3. Fotokopi Akte Kelahiran anak yang dikeluarkan oleh Kantor Walikota setempat.
  4. Fotokopi akte perkawinan / kartu keluarga
  5. Fotokopi paspor orang tua (halaman yang terdapat foto, identitas & halaman catatan resmi).
  6. Fotokopi paspor kedua orang Saksi (halaman yang terdapat foto, identitas & halaman catatan resmi).
  7. Fotokopi carte de séjour orang tua WNI.
  8. 1 (satu) foto terbaru anak, berwarna ukuran 3 x 4 cm (kurang dari 6 bulan). Foto hasil mesin otomatis “Photomaton » diperbolehkan. Foto jangan ditempel di formulir.
  9. Tidak dikenakan biaya.
  10. Bagi yang bertempat tinggal di luar kota Paris, berkas-berkas tersebut dapat dikirimkan melalui pos ditujukan kepada Fungsi Konsuler, DENGAN MELAMPIRKAN 1 AMPLOP CHRONOPOST LENGKAP DENGAN ALAMAT UNTUK PENGIRIMAN SURAT BUKTI PENCATATAN KELAHIRAN WNI.

Fungsi Konsuler



​​