Sistem Keimigrasian Baru (SIMKIM)

12/18/2017

KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA
PARIS

 

PENGUMUMAN

​Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 tahun 2011, KBRI Paris akan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigasian (SIMKIM) untuk penerbitan Paspor RI dan Visa jenis 211 dan 212.

Sehubungan dengan itu, bersama ini diumumkan beberapa hal sebagai berikut:

1.    Penerapan SIMKIM di KBRI Paris akan dimulai pada 2 Januari 2018.

2.    Untuk penerbitan paspor RI dan Visa jenis 211 dan 212 akan dikenakan tambahan biaya yaitu biaya jasa penggunaan teknologi SIMKIM sebesar €5,00 (lima Euro).

3.    Kepada WNI yang ingin memperbarui paspornya atau membuat paspor baru diwajibkan datang langsung ke KBRI Paris untuk pengambilan data biometrik (foto dan sidik 10 jari). 

4.    Untuk mempermudah dan mempercepat proses pengambilan data biometrik, bagi para WNI yang ingin memperbarui paspornya atau membuat paspor baru diminta untuk membuat janji bertemu dengan Fungsi Konsuler sebelum datang ke KBRI Paris melalui email konsulerparis@yahoo.fr.  

5.    Paspor dengan data biometrik tidak sama dengan paspor elektronik (e-paspor dengan teknologi chip). Sampai saat ini KBRI Paris belum menerima persediaan buku e-Paspor dan masih menggunakan persediaan buku Paspor RI yang lama.


Atas perhatian dan kerja sama seluruh pihak, diucapkan terima kasih.

 ​

Paris, 18 Desember 2017

A.n. Kepala Perwakilan RI

Koordinator Fungsi Konsuler

Selengkapnya tentang  V I S A  dan  P A S P O R