Sosialisasi Online Single Submission

​​KBRI Paris telah menyelenggarakan sosiasi Online Single Submission (OSS) pada tanggal 2 September 2018 bertempat di KBRI Paris dengan narasumber dari Tim Satuan Tugas Nasional Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Hukum dan HAM, dan Dewan Kawasan Ekonomi Khusus.
Dalam sambutan pembukaan, Duta Besar RI menyampaikan bahwa investasi merupakan salah satu pilar perekonomian nasional sehingga pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk menarik investasi asing ke tanah air. Dengan adanya OSS sebagai layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, maka akan sangat meningkatkan penyederhanaan prosedur perijinan dalam rangka melakukan usaha di Indonesia.

Staf Khusus Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyampaikan bahwa pelaksanaan OSS diatur dalam PP Nomor 24 Tahun 2018 dan ini merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian.

Operasional sistem OSS telah dilaksanakan sejak 9 Juli 2018 diselenggarakan di Kemenko Perekonomian dengan didukung INSW dan kementerian terkait lainnya. Namun ini hanya merupakan masa transisi sambil menyiapkan pelaksanaannya yang permanen di BKPM.​

Dengan adanya OSS, berbagai perizinan sebelumnya diperlukan, saat ini hanya dikelompokkan menjadi 2 jenis perizinan berusaha, yaitu 1. Izin Usaha dan 2. Izin Komersial atau Operasional. Semenjak adanya sistem OSS tersebut, telah tercatat penerbitan Izin Usaha sebanyak 10.984 dan Izin Komersial / Operator sebanyak 8.822.

Hadir dalam acara terdiri dari para diaspora Indonesia yang berada di Perancis dan juga pelaku usaha Perancis.