Opening of the Joint Working Group (JWG) in Education and Research, 26 June 2018

6/29/2018

​(in Bahasa Indonesia)


 

Opening of the Joint Working Group (JWG​) in Higher Education, Research, Innovation, and Entrepreneurship​​​

Ambassador Dr. Hotmangaradja Pandjaitan​

Poitiers - France, 26 June 2018​​


 

Yang terhormat

Monsieur Loic Vaillant, Presiden Universitas Confederal Leonardo da Vinci

Monsieur Alain Claeys, Presiden Komunitas Great Poitiers

Monsieur Jean-Charles Berthonnet, Ambassador of France in Indonesia

Sdr. Patdono Suwignjo, Direktur Jenderal Kelembagaan Kemristekdikti

Monsieur Pierre Valla, perwakilan Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Inovasi Perancis

Saudara-saudara pimpinan perguruan tinggi Perancis-Indonesia

Saudara-saudara dosen/peneliti

​ 

Saya merasa sangat senang dan terhormat hadir di sini hari ini di antara insan akademik yang akan berdiskusi membentuk kerjasama pendidikan tinggi, riset dan inovasi dalam Joint Working Group Indonesia Perancis ke -10 ini. Atas nama pemerintah Indonesia, ijinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah Perancis atas komitmen dan kerjasamanya selama ini dalam mengembangkan kemitraan strategis Perancis-Indonesia, yang dideklarasikan oleh kedua kepala negara pada tahun 2011 yang lalu. Komitmen dan kerjasama ini merupakan cermin keseriusan Perancis-Indonesia menjadikan nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, toleransi dan keadilan untuk pengembangan politik, ekonomi dan pembangunan, pertahanan dan keamanan, pendidikan dan kebudayaan , serta masalah lingkungan, bagi kedua negara dan bagi tatanan dunia global.

 

Terima kasih secara khusus saya sampaikan kepada rekan saya Dubes Jean-C​​harles Berthonnet atas peran aktif Kedubes Perancis di Jakarta, motor utama Pemerintah Perancis dalam menggagas, mewujudkan dan mengimplementasikan berbagai bentuk kerjasama dengan Indonesia selama ini. Di Indonesia, peran ini dipegang langsung oleh Kementerian terkait.

 

Kerjasama dalam bidang sains, teknologi, pendidikan tinggi, riset dan inovasi adalah bagian dari kemitraan strategis dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan kerjasama antar masyarakat. Sejak dilaksanakan pertama kali tahun 2009 yang lalu - seiring dengan diluncurkannya gagasan awal Kemitraan Stategis kedua negara -JWG, sebagai salah satu wahana untuk menyusun kerjasama operasional per-tahun, telah menghasilkan output dan outcomes signifikan bagi kedua negara. Adalah benar bahwa, dari segi strategi kerjasama luar-negeri, priotitas Indonesia saat ini adalah kerjasama di bidang ekonomi. Namun demikian, kerjasama di bidang lain, termasuk kerjasama pendidikan dan kebudayaan ini juga sangat penting. Korelasi diplomasi dan sains, yang merupakan salah satu ruh hubungan luar negri saat ini, bisa menjadi jalan masuk untuk peningkatan kerjasama ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia, terutama melalui KBRI, selalu mendukung dan memfasilitasi JWG ini sejak pertama kali diselenggarakan.

 

Khusus untuk JWG ke-10 ini, sekali lagi atas nama pemerintah Indonesia, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Universitas Konfederasi Leonardo da Vinci, yang diwakili oleh Monsieur Rektor, Loic Vaillant atas kesediaannya menjadi host. Program-program yang diagendakan dalam JWG ini saya lihat agak berbeda dengan JWG-JWG sebelumnya. Selain pertemuan antar peneliti, ada sesi korporat dan bisnis yang terkait dengan transfer teknologi dan sains. Ini adalah salah satu jalan bagi kita untuk mengarahkan kerjasama pendidikan, riset dan inovasi ke kerjasama yang memberikan nilai ekonomi. Terima kasih sekali lagi kepada Universitas Konfederasi Leonardo dan Vinci atas inisiatif ini.

 

Ucapan terima kasih yang tidak terhingga saya alamatkan kepada Monsieur Alain Claeys, Presiden Komunitas Great Poitiers atas dukungan, fasilitas dan keramahan yang diberikan oleh masyarakat Poitiers selama JWG ini. Saya mendapat kehormatan bertemu beliau bulan Desember yang lalu, untuk membicarakan kemungkinan menjalin kerjasama lebih jauh, seperti kerjasama kebudayaan dan ekonomi dengan pemerintah Poitiers.  Mudah-mudahan JWG ini menjadi jalan masuk kearah sana.

 

Selanjutnya, saya ingin menyampaikan rasa hormat kepada seluruh anggota delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Saudara Dirjen Patdono Suwignjo atas partisipasinya dalam JWG ini. Saya berharap JWG ini akan menghasilkan kerjasama-kerjasama yang kongkrit, tidak hanya antar peneliti, laboratorium riset, atau antar perguruan tinggi dan institusi riset, tetapi juga antar kementrian. Dengan demikian, hubungan kemitraan strategis Indonesia-Perancis ke depan akan lebih kokoh dan berkembang karena mempunyai payung yang lebar.

 

Akhir kata, saya ucapkan selamat bekerja dan berdiskusi kepada seluruh peserta, terutama kepada para pimpinan perguruan tinggi, para peneliti dan dosen dari kedua negara. Semoga hasil JWG ini memberikan manfaat untuk kita bersama.

 

Terima kasih.

 

Wassalamualaikum wr wb.

Bon travail.


 

---o0o---