Duta Besar RI Paramaribo Serahkan Kredensial Kepada Sekjen Caribbean Community (CARICOM)

Duta Besar Supratikto Dominicus menyerahkan Kredensial (Surat Kepercayaan dari Pemerintah RI) kepada Sekretaris Jenderal Caribbean Community (CARICOM), Duta Besar Irwin LaRocque, pada tanggal 2 Mei 2018. Dengan demikian, Dubes Supratikto secara resmi menjadi Duta Besar RI pertama untuk CARICOM setelah sebelumnya Indonesia diterima sebagai Third States Accredited to CARICOM pada Desember 2017.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal CARICOM menyatakan bahwa penyerahan Kredensial dari Pemerintah RI dimaksud merupakan tonggak bersejarah bagi hubungan CARICOM dan Indonesia. Dalam kaitan itu, Dubes RI dan Sekretaris Jenderal CARICOM membahas beberapa hal antara lain harapan CARICOM untuk belajar dari ASEAN dalam hal politik, ekonomi dan sosial budaya, serta keinginan Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara anggota CARICOM khususnya di sektor bisnis.

Selain penyerahan Kredensial kepada CARICOM, dalam rangkaian kunjungan ke Guyana Dubes Supratikto juga berkesempatan melakukan pertemuan-pertemuan dengan Kementerian Luar Negeri Guyana untuk membahas peningkatan hubungan bilateral dan multilateral antara Indonesia dan Guyana, mengadakan pertemuan bisnis dengan para pengusaha Guyana, serta menemui perwakilan WNI untuk pendataan pemilih guna Pemilu 2019.

Berita mengenai penyerahan Kredensial Duta Besar RI kepada Sekretaris Jenderal CARICOM juga dapat diakses di https://www.caricom.org/media-center/communications/news-from-the-community/caricom-and-indonesia-strengthen-links-1