Partisipasi KBRI Ottawa dalam Pameran National Home Show Montreal


Pada tanggal 9 s/d 18 Maret 2018, KBRI Ottawa bekerjasama dengan dua perusahaan Kanada yang merupakan importir furniture Indonesia ARB Teak dan La Difference berpartisipasi dalam Pameran National Home Show Montreal. Pameran National Home Show adalah pameran perdagangan yang menampilkan produk-produk konstruksi, renovasi, dekorasi rumah dan bangunan, perancangan bangunan, alat-alat bangunan dan furniture. Para pengunjung pameran berkesempatan melihat dan mendapatkan produk-produk terbaru berkaitan dengan rancang bangun rumah dan bangunan dan produk-produk yang berkaitan dengan lifestyle. Montreal National Home Show merupakan pameran consumer remodeling, home decor and gardening terbesar di wilayah Amerika Utara.

ARB Teak dan La Difference adalah dua perusahaan yang berbasis di Montreal. ARB Teak adalah importir loyal wooden furniture Indonesia yang mengimpor produk-produk wooden furniture (teak)Indonesia sejak tahun 2005. ARB Teak juga merupakan buyer usulan KBRI Ottawa dalam Trade Expo Indonesia tahun 2017 dan tahun 2018 mendatang. ARB Teak telah berkomitmen untuk hadir kembali dalam TEI 2018 di BSD City sebagai potential buyer. Sedangkan La Difference adalah importir loyal rattan furniture Indonesia yang mulai melakukan aktivitas importasi produk rattan furniture dari Indonesia sejak tahun 1984. La Difference adalah perusahaan pemenang piala Prima Duta tahun 2017 usulan KBRI Ottawa.

Pameran dilangsungkan di Gedung Bonaventura, Montreal. Secara garis besar, pameran menampilkan produk-produk yang berkaitan dengan produk konstruksi, renovasi dan dekorasi rumah dan bangunan, furniture dan produk-produk yang berkaitan dengan lifestyle. Ada beberapa kelompok produk yang pamerkan antara lain: air conditioning, bathroom equipment, decorative items, doors, floor coverings, furniture, garden supplies, garden tools, heating, households goods, kitchen equipment, windows, furniture, bahan-bahan bangunan, peralatan bangunan dan sebagainya.

ARB Teak memamerkan produk-produk furniture yang berasal dari kayu jati. Produk-produk furnitureARB Teak yang dipamerkan sebagian besar didominasi produk-produk furniture untuk keperluan bathware seperti bathroom accessories, towel ladder, bath shelf, coach tub seat, wall shelf, teak serving tray, natural river stone sink, custom showe mats dan sebagainya dan lifestyle living seperti coner chair, amrchair, folding bar table, teak dining table, outdoor patio set, teak folding side chairdan sebagainya.​

Produk-produk furniture ARB Teak (kayu jati) sebagian besar diimpor dari produsen-produsen furniture Indonesia di daerah Jepara dan Bali, yang tipikal produk-produknya menonjolkan kualitas dan aspek estetika. Umumnya ARB Teak melakukan pemasaran produk-produknya ke seluruh wilayah Kanada dan sebagian wilayah Amerika Serikat.

La Difference memamerkan koleksi furniture rotan Indonesia berupa :  dining room sets, bistro sets, plasma TV table, console 2 drawers, folding planters dan lain sebagainya.

Sebagian besar produk rotan yang diimpor oleh La Difference dari Indonesia berupa finished goodsdari wilayah Jawa Timur. Rancangan dan tampilan yang unik dan produk yang berkualitas sangat menarik minat pengunjung yang ingin memperoleh produk furniture rotan berkualitas. Furniture rotan La Difference memiliki ragam motif dan sesuai dengan nature furniture rotan yang mudah untuk dipindahkan (ringan) sehingga memiliki cukup banyak peminat.

Fasilitasi yang diberikan KBRI Ottawa kepada eksebitor ARB Teak dan LA Diffrence sangat penting dalam mendorong produk-produk furniture Indonesia untuk masuk ke pasar Kanada mengingat ARB Teak dan La Difference merupakan importir loyal produk-produk Indonesia dan secara berkala melakukan impor produk-produk furniture Indonesia.

Pasca pameran, total keuntungan transaksi yang diperoleh adalah sekitar USD 60.000 dan diharapkan bertambah melalui komunikasi lebih lanjut untuk merealisasikan potensi transaksi yang terjadi selama pameran berlangsung.

Tahun 2017, impor Kanada terhadap produk furniture Indonesia (HS 94) masih cukup signifikan yaitu sebesar USD 41,139,000 menempati urutan ke-10 dari daftar 10 besar produk-produk impor terbesar Kanada dari Indonesia. Untuk tahun 2018 diharapkan ekspor produk-produk furniture Indonesia ke Kanada naik melalui peningkatan partisipasi kegiatan pameran-pameran produk furniture Indonesia di Kanada, penggalangan potential buyers Kanada ke pameran-pameran furniture di Indonesia, pengenalan produk-produk furniture Indonesia kepada importir Kanada di pasar Kanada dan sebagainya.

Pada sela-sela pameran, pada tanggal 12 Maret 2018, Perwakilan KBRI Ottawa berkesempatan menyaksikan kedatangan dan pembongkaran 1 (satu) kontainer produk wooden furniture Indonesia di warehouse ARB Teak di Montreal, yang diimpor oleh ARB Teak dari sejumlah supplier di daerah Jepara, dengan total nilai impor sekitar USD 100.000. (c.barutu ed)