Diaspora Indonesia rayakan Upacara Kemerdekaan RI ke-72 di Negara Seberang Lautan Perancis, New Caledonia

Upacara penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI telah diselenggarakan di halaman KJRI Noumea pada 17 Agustus 2017 pukul 09.00 - 10.00 dan 17.30 - 18.00 waktu setempat.

Kegiatan penaikan bendera berlangsung tertib dan khidmat, diikuti sekitar 100 orang peserta yang terdiri dari staf KJRI Noumea, pengurus Dharma Wanita Persatuan, warga negara Indonesia dan diaspora Indonesia di New Caledonia. Jumlah peserta pada pagi hari tersebut cukup mengejutkan mengingat upacara dilaksanakan pada hari kerja. Upacara penurunan bendera pada sore hari diikuti oleh Iebih banyak lagi peserta, yakni sekitar 250 orang.

Dalam sambutannya pada kedua upacara, Acting Kepala Perwakilan RI menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat dan diaspora Indonesia, meskipun upacara ini dilaksanakan pada hari kerja, tetapi telah menyempatkan hadir sebagai wujud cinta akan tanah leluhur di Indonesia. Lebih lanjut juga Acting Kepala Perwakilan menyampaikan capaian pembangungan di bawah Presiden Joko Widodo khususnya dengan pembangunan infrastruktur di Papua.

Pada dua kesempatan upacara tersebut, diluncurkan jurnal 6 bulanan "Les Calinedos" sebagai wadah informasi para diaspora Indonesia di New Caledonia. Penerbitan jurnal ini bekerjasama dengan harian lokal Les Nouvelles-Caledonnies. Pada saat bersamaan juga diperkenalkan penggunaan istilah "Calinedos" untuk menggambarkan orang Caledonia keturunan Indonesia. Tujuannya adalah untuk membentuk identitas unik di negara yang multikultur sehingga memiliki kekuatan tawar yang Iebih besar.

Upacara penurunan bendera sore hari dilanjutkan dengan syukuran dan silaturahmi dengan tokoh, sesepuh, serta komunitas Indonesia dan keturunannya di New Caledonia dalam format Panggung Gembira. Acara panggung gembira diisi dengan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba yang dilakukan dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan dan juga ditampilkan pertunjukan seni tari dan budaya binaan KJRI, serta penampilan para pemenang lomba karaoke. Pada kesempatan tersebut, Acting Kepala Perwakilan RI mengajak seluruh diaspora, meskipun sudah berkewarganegaraan Perancis, agar tetap ingat dengan Indonesia sebagai tanah Ieluhurnya. Untuk menggugah semangat kecintaan pada tanah air, maka seluruh peserta upacara diajak untuk menyanyikan bersama lagu "Tanah Airku" (Cipt: Ibu Sud) dengan sajian audio visual pada layar lebar.