Partisipasi Indonesia pada Pameran Kriya dan Dagang Terbesar di AS

New York Now 2018

​​​

Produk kerajinan Indonesia sukses menggaet perusahaan-perusahaan terbesar di dunia pada pameran kriya terbesar di Amerika Utara, NY NOW 2018, yang diselenggarakan pada tanggal 12-15 Agustus 2018 di New York, Amerika Serikat. Perusahaan-perusahaan seperti ABC Home and Carpet, Citizenry, Bloomingdales, Target, Walmart dan berbagai perusahaan global lainnya menyampaikan rencana kerja sama dengan pengrajin-pengrajin Indonesia untuk menghadirkan produk kerajinan Indonesia di semua jaringan perusahaan mereka di AS dan di dunia. Selain perusahaan besar, terdapat ratusan pembeli dengan latar belakang lainnya yang tertarik seperti desainer interior, butik, toko ritel, hingga perhotelan. Kesuksesan Indonesia pada pameran ini merupakan hasil kerja sama antara KJRI New York, Badan Ekonomi Kreatif, Bank Indonesia, dan Bank Rakyat Indonesia serta didukung oleh konsultan professional AS, Ibu Jennifer Isaacson dari By Hand Consulting, yang telah memberikan pelatihan, melakukan kurasi produk, konsultasi peningkatan kualitas produk dan mempersiapkan para pengrajin pada pameran internasional ini sejak bulan Februari 2018.

 

Tahun 2018 merupakan ketiga kalinya Indonesia berpartisipasi sebagai satu entitas “Paviliun Indonesia". Tahun ini, sebanyak 17 pengrajin/UKM hadir dari berbagai daerah di Indonesia membawa berbagai macam kerajinan yang menggabungkan nilai-nilai tradisional Indonesia dengan sentuhan kontemporer. Setiap tahunnya hasil yang dicapai para pengrajin semakin baik. Tahun ini, seluruh pengrajin mendapatkan pembeli/buyers bahkan banyak pengrajin yang langsung mendapatkan pemesanan pada saat pameran bernilai total lebih dari setengah milyar rupiah. Penjualan akan terus berlangsung antara pengrajin dengan buyers potensial lainnya antara 3 sampai 6 bulan ke depan.

 

Disamping capaian penjualan tersebut, Indonesia juga berhasil memenangkan penghargaan Best New Product melalui produk batik indigo. Selain itu, 2 produk pengrajin dari Kalimantan Timur terpilih sebagai finalis kategori ramah lingkungan, 1 produk dari Yogyakarta terpilih untuk display produk fair trade, dan 1 produk dari Jakarta terpilih untuk feature ekslusif pada majalah HandEye Magazine yang merupakan salah satu majalah afiliasi NYNOW. Hal tersebut merupakan bukti bahwa produk kriya/kerajinan Indonesia dapat bersaing pada pasar kerajinan di AS pada khususnya dan bahkan pasar global.

 

NYNOW menghadirkan lebih dari 25.000 buyers/pembeli profesional dan menampilkan lebih dari 2500 peserta pameran dari berbagai belahan dunia. NYNOW merupakan ajang kriya terbesar yang menjadi kesempatan bagi negara-negara di dunia untuk unjuk gigi dan berkompetisi menjadi pemain utama dalam pasar kerajinan tangan global. Adapun 17 pengrajin yang berpartisipasi pada NY NOW 2018 antara lain Karya Indah Bordir (Banda Aceh), IR&IR (Sumatera Utara), Pokant Takaq (Kalimantan Timur), Batik Tenun Vi (Kalimantan Timur), Borneo Craft Collection (Kalimantan Timur), Desaya (Jakarta), Noesa (Jakarta), MeLookmeL (Jakarta), Sackai Bags (Jakarta), Kana Goods (Banten), Kayou (Banten), Pala Nusantara (Jawa Barat), Indo Risakti (Yogyakarta), Siji Lifestyle (Yogyakarta), Galeri Batik Jawa (Yogyakarta), Jenggala (Bali), dan Dewi's Silver and Gold (Bali).​​