Tim U-18 Indonesia tingkat pelajar jadi runner-up pada turnamen 46th Asian Schools Football Championship 2018

New Delhi: Anand Engineering College Stadion Agra jadi saksi ketangguhan dua tim hebat asal Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand yang melaju ke babak final pada turnamen sepak bola tingkat Sekolah Menangah Atas (SMA), 46th Asian Schools Football Championship 2018 yang diselenggarakan di Agra, Negara Bagian Uttar Pradesh (UP), India. Namun anak-anak asuhan coach Bambang Warsito harus puas dengan posisi runner-up setelah kalah dari Thailand dengan skor 3-0 di laga puncak, Jumat, 28 September 2018. 

Partai final berjalan cukup menegangkan, kedua tim saling jual beli serangan dan sempat terpancing emosi karena permainan keras yang ditampilkan tim lawan. Beberapa peluang pun diperoleh tim Indonesia, sayang belum mampu dikonversi menjadi goal. Tak disangka justru tim lawan lebih dulu mampu menggoyang jala gawang Indonesia yang dikawal oleh Sabda Yoga melalui penetrasi pemain sayap kanan lawan.

Permainan di babak kedua diwarnai drama kartu merah oleh wasit karena pelanggaran keras dari kedua tim, masing-masing tim dipaksa bermain 10 orang di babak kedua. Pada akhirnya Indonesia harus mengakui ketangguhan lawan dengan skor 3-0 tanpa balas.

“Kami puas dengan posisi runner-up. Anak-anak sudah main bagus, meski baru pertama kali ikut, kita bangga bisa meraih posisi runner-up. Kalau di babak pertama tidak kebobolan 2-0, ceritanya bisa lain. Mudah-mudahan pada kesempatan berikutnya kita akan juara", ujar coach Bambang.

Cuaca panas yang ekstrim 40˚C cukup menguras energi kapten Alfeandra Dewangga Santosa dan kawan-kawan. Terlebih lagi sebelumnya tim U-18 Indonesia sudah habis-habisan melawan tim Korea Selatan yang menjadi momok tim-tim lainnya namun sukses ditaklukkan dengan skor 1-0. Selain itu, kompetisi ini dilaksanakan setiap hari tanpa jeda hari.

Sejak babak penyisihan, tim Indonesia yang berada di group A telah menjalani laga dengan cukup memuaskan dan mampu mengalahkan Afghanistan (10-0), Nepal (2-1), dan Korea Selatan (1-0). Tim Indonesia hanya kalah satu kali dari Thailand dengan skor (1-2).

Tim Indonesia diwakili oleh pelajar-pelajar usia U-18 yang direkrut dari berbagai sekolah di Indonesia melalui ajang kompetisi sepak bola lokal.

Kompetisi 46th Asian Schools Football Championship 2018 yang berlangsung 23-28 September 2018, diikuti oleh sebanyak 10 negara yang terbagi dalam dua group yakni group A diisi oleh Indonesia, China, Thailand, Nepal dan Afghanistan, dan group B diisi South Korea, Malaysia, Sri Lanka, India dan Bhutan.

46th Asian Schools Football Championship 2018 merupakan salah satu turnamen bergengsi kelas pelajar di India yang diselenggarakan oleh School Games Federation of India (SGFI) didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga India.

New Delhi, 29 September 2018