Sambut Solo Rider Indonesia Dubes RI New Delhi beri update terkini rute ke Himalaya

New Delhi: Disambut Duta Besar RI untuk India, Arto Suryodipuro beserta jajaranya, tersirat kegembiraan di raut wajah Gunadi, Solo Rider asal Indonesia yang mengendarai sepeda motor model VIAR Vortex 250 cc asli buatan Indonesia. Dalam obrolannya Gunadi merasa senang setelah sekitar satu bulan berada di perjalanan akhirnya bisa tiba di KBRI New Delhi dengan selamat, “senang sekali rasanya tiba di KBRI seperti berada di rumah sendiri" ujarnya. Betapa tidak, sejak awal keberangkatan dari Jakarta tanggal 26 Agustus 2018 yang lalu, baru kali ini bisa ngobrol dengan orang Indonesia lagi.

Gunadi menuturkan bahwa perjalanan ini diberi tajuk “The Real Journey Himalaya". Dirinya dengan motor VIAR kebanggaan Indonesia ini akan menempuh perjalanan Jakarta-Himalaya sekitar 15.000 km dan melintasi sebanyak 6 negara selama kurang lebih 70 hari. Gunadi dijadwalkan akan tiba di Himalaya pada 28 Oktober 2018 dan mengibarkan bendera Merah Putih tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda. Misi ini juga merupakan pembuktian kepada dunia bahwa motor produksi Indonesia bagus dan mampu bersaing dengan produk otomotif luar lainnya.

Dubes Arto menyambut baik kedatangan Gunadi di KBRI New Delhi dan turut bangga atas keberhasilan Gunadi hingga tiba ke New Delhi. Dubes Arto menyarankan agar tatap berhati-hati saat melintasi perjalanan arah ke Shimla dan Manali di Negara Bagian Himachal Pradesh mengingat cuaca yang kurang baik serta kondisi jalan yang melewati perbukitan terjal.

Dubes Arto yang juga memiliki ketertarikan pada moge (motor gede) ini sempat mengotak atik motor VIAR yang dikendarai Gunadi dan menyarankan agar selama di New Delhi dapat memanfaatkan waktu untuk melakukan pengecekan mesin guna memastikan kondisi motor dalam keadaan prima. Didampingi staf KBRI, Gunadi melakukan penggantian beberapa spare-part dan ban di bengkel umum di pusat otomotif Karol Bagh, New Delhi.

Atas masukan Dubes RI dan mengingat situasi di Manali yang tengah dilanda hujan lebat dan mengakibatkan tertutupnya jalur utama akibat longsor, maka Gunadi akan mengambil jalur lain yakni melewati wilayah Ludhiana, Negara Bagian Punjab yang merupakan jalur kiri menuju Leh.

Ini merupakan ke dua kalinya KBRI New Delhi dikunjungi biker asal Indonesia setelah sebelumnya Stephen Langitan yang menunggangi Kawasaki Ninja 250 cc singgah ke KBRI pada tanggal 7 Mei 2018 sebelum melanjutkan eksibisi ke London.

Gunadi menginap selama dua malam di wisma tamu KBRI New Delhi sebelum bertolak melanjutkan perjalanannya. Selasa sore, 25 September 2018 Duta Besar bersama jajaran KBRI New Delhi bersama-sama melepas keberangkatan Gunadi, “Hum aapkii safaltaa aur saubhaagya kii shubhkaamnaa karte hain, Gunadi Ji!

SB

New Delhi, 26 September 2018