Perkuat Kerja Sama TTI dengan India, Duta Besar RI New Delhi Kunjungi Negara Bagian Tamil Nadu

Dari hasil kunjungan ini, diharapkan sejumlah peluang kerja sama dapat segera ditindaklanjuti dan direalisasikan, mengingat potensi kerja sama kedua negara yang sangat besar, namun banyak area yang belum tergarap. Duta Besar RI  New Delhi, Sidharto R. Suryodipuro senantiasa berkomitmen bahwa kehadiran permanen kantor-kantor perwakilan RI di India, termasuk KBRI New Delhi, dapat dimanfaatkan untuk membantu para pelaku usaha mengatasi tantangan dan kendala yang dihadapi dalam peningkatan hubungan dagang, investasi, dan pariwisata (TTI) kedua negara.

Di awal lawatannya, Duta Besar RI bertemu dengan Gubernur Tamil Nadu, Banwarilal Purohit dan Chief Minister Tamil Nadu, Edappadi K. Palaniswami secara terpisah, membahas upaya-upaya mempererat hubungan dengan Negara Bagian Tamil Nadu yang sejak lama telah memiliki kaitan sejarah dengan Indonesia. Ide penyelenggaraan kegiatan seni budaya Indonesia di Chennai, ibukota Tamil Nadu, serta peningkatan hubungan dagang dan investasi RI-India, khususnya di bidang kelapa sawit, batu bara, dan konektivitas udara dan maritim menjadi topik pembahasan.

Khusus peningkatan kerja sama ekonomi, Duta Besar RI bertemu dengan pelaku usaha setempat, antara lain Pelabuhan Chennai; importir sawit, Kaleesuwary Refinery Pvt. Ltd; perusahaan perkakas, Butterfly Gandhimathi Pvt. Ltd.; importir batu bara, Coastal Energen Pvt. Ltd.; dan perusahaan wafer asal Indonesia, Enerlife India Pvt. Ltd. Antusiasme para pengusaha Tamil Nadu untuk berbisnis dengan Indonesia terlihat pula pada saat pertemuan dengan South Indian Chamber of Commerce and Industry (SICCI) dan India-ASEAN-Sri Lanka Chamber of Commerce and Industry (IASLCCI).

Mengingat wilayah geografis Tamil Nadu yang relatif dekat dengan Indonesia, potensi kerja sama di bidang konektivitas udara dan maritim melalui peningkatan jumlah penerbangan dan pelayaran langsung antar kedua negara menjadi salah satu area yang difokuskan oleh Duta Besar RI pada lawatannya kali ini. Peluang lainnya yang diminati oleh para pebisnis setempat ialah ekspor produk hasil pertanian dan mie instan Indonesia ke India dan investasi di Indonesia di sektor kelapa sawit, teknologi informasi, dan UMKM.

Di bidang pariwisata, Indonesia tengah menggarap lebih besar lagi potensi turis mancanegara dari India yang jumlahnya meningkat pesat setiap tahunnya. Pemerintah menargetkan 700 ribu wisatawan India datang ke Indonesia di tahun 2018 ini. Sejak 2017, 4 maskapai penerbangan Indonesia sudah terbang langsung dari dan ke India dengan frekuensi 28 penerbangan per minggu. Duta Besar RI mendorong maskapai India untuk membuka penerbangan langsung ke Indonesia demi peningkatan hubungan pariwisata kedua negara. Hal ini disampaikan pada saat membuka acara Sales Mission Greater Bali di Chennai tanggal 28 Februari 2018, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI.

Kunjungan kerja Duta Besar RI New Delhi ke Tamil Nadu tanggal 26 Februari - 2 Maret 2018 dilakukan dalam rangka penguatan hubungan kerja sama RI-India. Di negara bagian paling selatan di anak benua India tersebut, Duta Besar RI bertemu dengan sejumlah kalangan, termasuk pemerintah negara bagian dan para pelaku usaha di Chennai, ibukota Tamil Nadu, dengan didampingi oleh Ibu Dewi Ratna Suryodipuro, Konsul Kehormatan RI di Chennai, Atase Perdagangan RI, Pejabat Fungsi Politik dan Ekonomi KBRI, dan Kepala Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Chennai.

EK

New Delhi, 5 Maret 2018