Penyerahan Surat-surat Kepercayaan Dubes LBBP RI New Delhi kepada Presiden India

New Delhi: Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Republik India merangkap Kerajaan Bhutan berkedudukan di New Delhi, Sidharto Reza Suryodipuro telah menyerahkan surat-surat kepercayaan (credentials) kepada Presiden India, Y.M. Ram Nath Kovind bertempat di Istana Kepresidenan India, Rashtrapati Bhavan, New Delhi pada hari Rabu, 23 Agustus 2017.

Pada upacara penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut, Dubes RI didampingi oleh Istri, Wakil Kepala Perwakilan RI, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler,  Koordinator Fungsi Politik, Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler, serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI New Delhi. Duta besar negara-negara sahabat lainnya yang turut menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden India adalah Duta Besar Malawi, Duta Besar Uzbekistan dan Duta Besar Austria.

Presiden India menyampaikan ucapan selamat atas penugasan Duta Besar RI di India. Presiden India melihat peran Indonesia yang semakin signifikan dalam hal pemberantasan terorisme dan ekstrimisme, serta aktif mewujudkan keamanan maritim. Kunjungan Presiden RI ke India Desember 2016 lalu dilihat sebagai bukti hubungan bilateral kedua negara yang semakin meningkat dan momentum untuk lebih memperkuat hubungan ke tingkatan yang lebih tinggi.

Dalam tanggapannya, Dubes RI menyampaikan salam hangat dari Presiden RI kepada Presiden India dan ucapan selamat atas terpilihnya Y.M. Ram Nath Kovind sebagai Presiden India yang baru. Di samping itu, Dubes RI menggarisbawahi komitmen untuk semakin meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, termasuk meningkatkan konektivitas penerbangan, sektor pariwisata dan memperkuat persahabatan antar dua bangsa melalui kegiatan bersama, seperti program peringatan 90 tahun perjalanan Rabindranath Tagore ke Jawa dan Bali.

Upacara penyerahan surat-surat kepercayaan diakhiri dengan ramah tamah antara sesama peserta upacara di Istana Kepresidenan India, serta ramah tamah dengan pejabat/staf dan keluarga di lingkungan KBRI New Delhi. 

 

24 Agustus 2017

KBRI New Delhi