Mengupas Kesamaan Budaya Melalui Kegiatan India in Indonesia Culinary “Tracing the root”

New Delhi (22/11): Indonesia dan India memiliki keterikatan budaya yang erat sejak lama, dari aspek pendidikan, arsitektur, kesenian, masyarakat, agama dan kepercayaan, hingga menyentuh khazanah kuliner nusantara. Pengaruh tersebut, semakin memperkaya keragaman cita rasa kuliner khas Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di tanah air. Beranjak dari ide tersebut, KBRI New Delhi menyelenggarakan kegiatan Gala Dinner dengan mengangkat tema pengaruh India pada cita rasa kuliner Indonesia, India in Indonesia Culinary “Tracing the Roots", di KBRI New Delhi, 21 November 2017. Tamu yang hadir sekitar 90 orang terdiri dari kalangan pemerintah, Dubes India yang pernah bertugas di Indonesia, pengusaha, akademisi, media dan organisasi, termasuk India–Indonesia Friendship Society (IIFS). 

Rangkaian kegiatan antara lain penyajian menu-menu yang memiliki keterkaitan cita rasa India dan Indonesia, talk show, penampilan tarian Bali dan Sumatera Utara, Gamelan serta Cooking Demo oleh dua chef dari Indonesia, Jeffry Yunus Setiawan dan Fatkhul Bari. Selain bagian dari promosi budaya, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik India bahwa Indonesia-India memiliki potensi kerja sama yang luas, khususnya sektor kuliner yang saat ini masih diperlu dioptimalkan.

Dalam sambutannya, Dubes Sidhato Reza Suryodipuro menyampaikan bahwa India dan Indonesia adalah sahabat lama, perjalanan sejarah kedua bangsa telah memberikan pengaruh positif satu sama lain, menciptakan potensi kerja sama berlandaskan mutual benefit, dan people-to-people contact pun terus mengalami peningkatan. Dubes Arto menambahkan, akan sangat baik untuk mulai merajut kerja sama sektor kuliner, karena Indonesia dan India telah memiliki fondasi yang kuat pada sektor ini. Di penghujung sambutan, Dubes Arto mengajak pelaku bisnis dan pemangku kepentingan untuk terlibat dalam mengembangkan sektor ini.

Senada dengan yang disampaikan Dubes RI, K.L. Malhotra, Secretary General, India-Indonesia Friendship Society (IIFS) dalam sambutanya mengatakan “Indonesia is India", bukan hanya karena kuatnya kesamaan kedua bangsa, namun India dan Indonesia mengalami proses perjalanan sejarah yang sama. Beberapa kali kunjungan Kepala Negara ke India dan sebaliknya merupakan momentum bahwa kerja sama kedua bangsa mengalami tren positif.  

Para tamu undangan memuji cita rasa menu-menu khas Indonesia yang disajikan, antara lain Sate Lilit Bali, Tumpeng Nusantara, Rendang Kambing, Pepes Ayam, Nasi Minyak Batang Hari Jambi, Sate Ayam Madura, Gulai Ikan Daun Kari Melayu dan berbagai menu lezat lainnya. Selanjutnya diharapkan menu khas Indonesia dapat ditemui dengan mudah diberbagai rumah makan di India.

​ SB

New Delhi, 22 November 2017