Ekspedisi Pionir Kapal Dagang dari Aceh disambut di Port Blair, Kepulauan Andaman & Nicobar

Port Blair: Ekspedisi pionir kapal dagang dari Aceh tiba di Port Blair, Kepulauan Andaman dan Nicobar, India, Kamis (04/01/2019). Ekspedisi yang diluncurkan dari Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar pada 29 Desember 2018 lalu ini mengangkut berbagai contoh produk dan komoditi dari Aceh untuk dipamerkan di kota Port Blair mulai dari kopi, sayur mayur, rempah-rempah, minyak nabati, hingga furniture juga bahan-bahan konstruksi seperti semen dan pasir.

Wakil Kepala Perwakilan KBRI New Delhi, Fientje M. Suebu, bersama dengan perwakilan dari Pemerintah Kepulauan Andaman & Nicobar dan Andaman Chamber of Commerce & Industry (ACCI), hadir menyambut kedatangan misi ekspedisi di Pelabuhan Port Blair. Tim ekspedisi terdiri dari 1 orang nakhoda dan 6 orang anak buah kapal (ABK) yang berlayar dari Aceh dengan menggunakan KM Aceh Milenium.

Ekspedisi dagang melalui jalur maritim ini merupakan salah bentuk tindak lanjut upaya penguatan konektivitas antara Sumatera dan Andaman, sebagaimana yang telah disepakati oleh Presiden RI dan Perdana Menteri India pada bulan Mei 2018 lalu. Dengan menguatnya konektivitas antar kedua wilayah, hubungan perdagangan, pariwisata, dan people-to-people contact diharapkan akan semakin meningkat dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.​

Port Blair, 4 Januari 2019

EK