DWP KBRI New Delhi Memperkenalkan Upacara Adat “Tingkeban” di India

New Delhi: Layaknya di India, Indonesia memiliki aneka ragam kebudayaan dan adat istiadat dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kesempatan gathering Asean Ladies Circle (ALC ) pada 25 Januari 2019, yang dihadiri oleh istri-istri Duta Besar negara ASEAN dan Diplomat yang tergabung dalam ALC, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI New Delhi menyelenggarakan upacara “tingkeban" atau upacara bagi ibu yang sedang hamil tujuh bulan sebagai suatu ungkapan syukur dan permohonan kepada Yang Maha Kuasa untuk keselamatan dan kelancaran dalam proses melahirkan.

Upacara “tingkeban" itu sendiri mempunyai tahapan ritual sebagai berikut: siraman, berganti kain sebanyak 7 kali, angkreman, dan menjual rujak. Saat ritual siraman para isteri dari Duta Besar negara ASEAN juga mendapatkan kesempatan melakukan prosesi tersebut, yang diawali oleh Ibu Dewi Ratna Suryodipuro (Istri Duta Besar Indonesia), diikuti  oleh Madam Nilar Aung (Isteri Duta Besar Myanmar) yang juga sebagai Presiden ALC, beserta Madam Patricia Lim (isteri Duta Besar Singapura) dan Datin Mariaratnah Hj. Mohd Apong (isteri Duta Besar Brunei Darussalam).

Tradisi “Tingkeban" ini memberi kesan tersendiri bagi para tamu yang hadir yang turut mengagumi keragaman budaya Indonesia yang unik dan menarik. Di akhir acara mereka juga mendapatkan souvenir khas Indonesia yang telah disiapkan sebagai cindera mata.

 New Delhi, 25 Januari 2019

SB