Kenya Segera Buka Kedutaan Besar di Jakarta


Nairobi – “Pemerintah Kenya akan membuka perwakilan diplomatik di Jakarta pada tahun 2019 mendatang" demikian kata Dubes Tom Amolo,  Political & Diplomatic Secretary, Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Internasional Kenya, pada resepsi diplomatik peringatan hari kemerdekaan RI ke-73 di Wisma Duta RI, Nairobi.

“Indonesia merupakan aktor penting di kawasan, dengan wilayah yang sangat luas dan masyarakat yang sangat beragam, namun masyarakatnya mampu mempertahankan kerukunan," tambah Dubes Tom Amolo.

Dalam resepsi yang dihadiri oleh sekitar 157 tamu undangan dari berbagai perwakilan diplomatik dan organisasi internasional tersebut, Dubes Tom Amolo turut menyatakan kekagumannya terhadap pembangunan sangat pesat yang terjadi di Indonesia. Menurutnya, Indonesia sukses mengembangkan sektor manufaktur sehingga dapat memiliki sektor industri yang dapat diandalkan. Saat ini, ujarnya, pemerintah Kenya sedang giat membangun sektor tersebut, sebagai bagian dari big four agenda yang diusung oleh Presiden Uhuru Kenyata.  

Rencana Kenya untuk membuka perwakilannya di Jakarta disambut positif oleh Dubes/Watap RI Nairobi. “Indonesia dan Kenya telah menjalin hubungan yang sangat baik selama 36 tahun, dan kami menyambut baik rencana pembukaan perwakilan diplomatik Kenya di Jakarta" demikian kata Dubes/Watap RI Nairobi, Soehardjono Sastromihardjo pada kesempatan yang sama.

Dalam sambutannya, Dubes Soehardjono Sastromihardjo juga menyampaikan peran strategis Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, yang juga merupakan demokrasi terbesar ketiga di dunia, dan saat ini telah tergabung sebagai salah satu anggota G20.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kenya telah berlangsung sejak tahun 1982, dan sejak tahun 1983, Indonesia telah membuka kedutaan besar di Nairobi. Sementara itu, hingga saat ini perwakilan Kenya untuk Indonesia masih dirangkap dari Kuala Lumpur​.