Kalbe Farma Mulai Ekspansi Pasar Kenya dan Afrika Timur

Nairobi – “PT Kalbe Farma akan memperluas jaringan distribusi produknya ke wilayah Afrika Timur" demikian kata Ferdinand Utomo, Senior Brand Manager Kalbe International di Nairobi pada Kamis kemarin (16/8). “Uganda, Tanzania, Ethiopia, dan Kenya merupakan pasar potensial bagi produk-produk Kalbe Farma", lanjut Ferdinand, dalam pertemuan dengan Dubes/Watap RI Nairobi, Soehardjono Sastromihardjo di KBRI Nairobi.

“Kami memandang Kenya sebagai negara paling potensial dijadikan sebagai hub bagi distribusi produk, karena Kenya memiliki infrastruktur yang memadai", papar Ferdinand Utomo.

Lebih lanjut, perwakilan Kalbe Farma memaparkan bahwa sebagai langkah awal, saat ini PT Kalbe Farma sedang melakukan finalisasi importir dari masing-masing negara. Jika importir sudah dapat difinalisasi, dan registrasi dapat berlangsung tepat waktu, impor produk diharapkan sudah dapat dimulai pada bulan Januari tahun 2019 mendatang.

Perusahaan yang di Indonesia terkenal dengan berbagai produk unggulannya, seperti Promag, Procold, dan Woods ini sangat serius dalam membuka pasar di Afrika Timur.

Mengingat cakupan wilayah kerja KBRI Nairobi yang meliputi berbagai negara di kawasan Afrika Timur, termasuk Uganda, diharapkan dukungan KBRI Nairobi dapat memberikan manfaat yang baik bagi perluasan pasar produk Indonesia ke kawasan tersebut.  

“KBRI Nairobi siap membantu dan memfasilitasi rencana ekspansi perusahaan Kalbe Farma ke wilayah Afrika Timur" ungkap Dubes Soehardjono Sastromihardjo.

“Guna melindungi hak cipta atas produk yang diekspor, penting sekali bagi perusahaan pengekspor dari Indonesia untuk memenuhi ketentuan hak cipta di negara-negara tujuan ekspor termasuk ​di kawasan Afrika Timur, demikian tutup Dubes Soehardjono.