KJRI Marseille Gelar Acara Seminar dan Temu Bisnis Pengusaha Indonesia-Prancis

​​Sekitar 30 pengusaha Prancis di bidang asuransi, transportasi, fesyen, grosir buah kering dan rempah diundang oleh KJRI Marseille dalam sebuah acara seminar dan temu bisnis yang diselenggarakan pada hari Kamis, 29 November 2018. Acara yang bertempat di gedung KJRI ini juga menghadirkan pengusaha Indonesia yang tergabung ke dalam trading house Indonesia Incorporated, yang dipimpin oleh Bapak Deibel Effendi selaku CEO. Dalam acara tersebut diperkenalkan produk-produk Indonesia mulai dari makanan ringan atau snack, kopi, rempah-rempah, hingga produk tas dan sepatu premium yang terbuat dari kulit reptil.

Kegiatan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Marseille yang diwakili oleh Wakil Walikota Marseille bidang kerjasama hubungan ekonomi dan perusahaan Bapak Didier Parakian. Bapak Didier menyambut baik acara ini dan mendukung penuh peluang kerjasama ekonomi dengan Indonesia yang dianggap sebagai negara potensial untuk membuka hubungan baru dengan Marseille.  Selain itu hadir pula Bapak Bruno Hamon yang menjadi konsultan tentang kepabeanan Prancis.

Acara ditutup dengan diskusi bisnis bersama para pengusaha Indonesia yang berada di Prancis. Dari acara diskusi bisnis ini diusulkan beberapa hal terkait kerjasama pengusaha Indonesia-Prancis di masa mendatang. Usulan tersebut antara lain rencana membangun Coffee Roasting House di Marseille untuk biji-biji kopi yang diimpor dari Indonesia dan mengikutsertakan kopi Indonesia pada lomba Roaster Coffee International di salah satu negara Uni Eropa. Perusahaan kopi Luciani juga bersedia untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan Indonesia dalam hal ekspor-impor dan mendirikan maison du café di Indonesia. 


Marseille, November 2018​