Pelatihan peningkatan kapasitas tekstil dengan tema “Sewing Processing” Maputo, 3-8 Juni 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pelatihan peningkatan kapasitas (capacity building) tekstil dengan tema “Sewing Processing” diselenggarakan di Maputo pada tanggal 3-8 Juni 2013 oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperind) RI bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Republik Mozambique serta difasilitasi oleh KBRI Maputo.

 

Pelatihan ini merupakan kelanjutan program peningkatan kapasitas oleh Kementerian Perindustrian RI bagi Mozambique di bidang agrobisnis dan tekstil sejak tahun 2011.

 

Pelatihan peningkatan kapasitas industri tekstil tahun ini meliputi teknik pembuatan pola dasar pakaian, merancang, menggunting dan menjahit, yang diberikan oleh tim pelatih berjumlah 6 orang, terdiri dari wakil-wakil Kementerian Perindustrian RI, Balai Besar Industri Tekstil Bandung Kemenperind, dan Direktorat Afrika, Kemlu.

 

Program pelatihan dibuka resmi pada tanggal 3 Juni 2013 oleh Duta Besar LBBP RI Harbangan Napitupulu, bersama-sama dengan Direktur Nasional Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Mozambique, Mr. Matues Matusse; Direktur Jenderal Institut Promosi Usaha Kecil dan Menengah (Instituto para a Promoção das Pequenas e Médias Empresas/IPEME), Mr. Claire Zimba; dan perwakilan dari lembaga Bantuan Pembangunan Masyarakat untuk Masyarakat (Ajuda de Desenvolvimento Povo para Povo/ADPP), Mr. Sarmento Preço.

 

Peserta pelatihan berjumlah 30 warga Mozambique yang berlatar-belakang penjahit, designer, wakil-wakil asosiasi kapas, asosiasi usaha kecil dan menengah, sektor publik dan  swasta, dari propinsi Maputo, Gaza, Inhambane, Manica, dan Nampula.

 

Kegiatan pelatihan ini juga diliput Harian Noticias – Mozambique dalam artikel “Com Apoio da Indonésia, Alfaiates e designers aprimoram técnicas” (“Dengan dukungan Indonesia, para Penjahit dan Desainer meningkatkan kemampuannya"), tanggal 4 Juni 2013.? (Sumber : KBRI Maputo)