Lantik Anggota PPLN dan Sekretariat PPLN, Duta Besar RI Maputo harapkan Pemilu 2019 Berjalan Dengan Jujur dan Adil

Pelantikan PPLN KBRI Maputo

Maputo – Dubes RI Maputo, Y.M. Tito dos Santos Baptista, secara resmi telah melantik Panitia Pelaksana Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Sekretariat PPLN pada Perwakilan Republik Indonesia Maputo. (19/3)

Pelantikan para Anggota dan Sekretariat PPLN tersebut berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 137/PP.05-Kpt/01/KPU/III/2018 yang menetapkan Ivan Rismi Polontalo sebagai Ketua merangkap anggota, Syamsiah dan Marius Yasintus Tai Bere sebagai anggota. Dalam penyelenggaraan tugasnya, para anggota PPLN tersebut didukung oleh Sekretariat PPLN, yaitu Zulfan Effendi sebagai Sekretaris dan I Ketut Tri Martana dan Mohamad Rezza El Adha Ibnu sebagai pelaksana.

Dalam sambutannya, Duta Besar Tito do Santos Baptista menyampaikan bahwa tugas Anggota PPLN adalah untuk memastikan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Wilayah Mozambique dan Malawi berjalan dengan baik berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil secara profesional, efektif dan efisien. Lebih lanjut, Dubes Tito mengingatkan bahwa sebagai salah satu negara Demokrasi terbesar di dunia, maka menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama, baik Pemerintah maupun masyarakat, untuk menunjukkan bahwa Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang ditunjukkan antara lain melalui penyelenggaraan Pemilu yang jujur dan adil.

Dubes Tito menyampaikan bahwa tahun 2019 merupakan tahun politik, dimana seluruh dunia akan mengarahkan perhatiannya kepada proses penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Maputo memiliki peran penting dalam memastikan suksesnya penyelenggaraan Pemilu yang bersih, adil dan mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Guna memastikan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2019, para anggota PPLN dan Sekretariat PPLN pada hari yang sama, setelah dilantik, menyelenggarakan rapat perdana membahas pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Luar Negeri (Pantarlih LN) yang secara umum bertugas untuk mendata masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Mozambique dan Malawi.