Travel Advisory

​​

Travel Advisory

 

WNI yang berkunjung ke Filipina dapat menggunakan fasilitas bebas visa selama 30 (tiga puluh) hari tinggal. Pada saat memasuki wilayah Filipina, WNI yang bepergian ke Filipina menggunakan fasilitas bebas visa wajib menunjukkan tiket pulang pergi atau tiket untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain pada saat pemeriksaan di imigrasi Filipina. WNI diharapkan dapat memberikan keterangan sejelas - jelasnya mengenai maksud dan tujuan perjalanannya ke Filipina serta tempat tinggal selama kunjungannya ke Filipina. Pastikan dapat menjawab semua pertanyaan petugas imigrasi dengan bahasa yang jelas dan konsisten. Pastikan dapat menjelaskan sumber keuangan anda untuk biaya hidup selama di Filipina.

 

Berdasarkan the Philippines Immigration Act of 1940 anak-anak dibawah usia 15 (lima belas) tahun yang berkunjung ke Filipina tanpa didampingi oleh orang tuanya akan diberikan fasilitas Waiver of Exclusion Ground (WEG) dengan membayar biaya sebesar P 3.120 (tiga ribu seratus dua puluh Peso) atau senilai US$ 73 (tujuh puluh tiga dolar Amerika) pada saat tiba di bandara Filipina dengan mengisi formulir permohonan WEG yang dilengkapi dengan salinan paspor anak yang bersangkutan dan pendampingnya serta surat ijin orang tua.

 

WNI yang akan bepergian ke Filipina disarankan untuk tidak membawa segala jenis obat-obatan yang mengandung  pseudoephedrine, yang dikategorikan sebagai dangerous drug di Filipina dan dilarang penggunaannya tanpa rekomendasi dari dokter Filipina yang terdaftar di PDEA (Philippine Drug Enforcement Agency).

 

Di Indonesia obat yang mengandung pseudoephedrine antara lain adalah obat yang mempunyai indikasi meringankan gejala flu.

 

Di Filipina larangan penggunaan obat yang mengandung pseudoephedrine diatur di dalam Article II Section 4 Republic Act 9165, yang dikenal juga sebagai the Comprehensive Dangerous Drug Act of 2002, yang antara lain menyatakan:

 

Importation of Dangerous Drugs and/or Controlled Precursors and Essential Chemicals.- The penalty of life imprisonment to death and a fine ranging from Five Hundred Thousand pesos (P500,000.00) to Ten million pesos (P10,000,000.00) shall be imposed upon any person, who, unless authorized by law, shall import or bring into the Philippines any dangerous drug, regardless of the quantity and purity involved, including any and all species of opium poppy or any part thereof or substances derived there from even for floral, decorative and culinary purposes.

 

Bagi WNI yang akan membawa obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine ke Filipina hendaknya menghubungi otoritas terkait di Filipina untuk mendapatkan clearance terlebih dahulu.

 

 

 

****​