ATDIKBUD - UNIVERSITY FAIR 2018

Atase Pendidikan dan Kebudayan Manila melaksanakan Kegiatan Indonesia University Fair 2018 pada tanggal 21 Oktober 2018 mulai pukul 10.00 am – 10.00 pm bertempat di Activity Center Glorieta – Palm Drive di ikuti oleh 17 universitas terbaik di Indonesia serta  Technical Education Skill Development (TESDA) Philippine dan Commission of Higher Education (CHED) Philippine.

 Maksud penyelenggaraan kegiatan ini adalah:

  1. Untuk mempromosi beberapa universitas terbaik di Indonesia
  2. memberi kesempatan untuk menawarkan beberapa program, beasiswa, buku dan jurnal penelitian yang ada di setiap universitas kepada warga asing.

    Sedangkan Tujuan kegiatan ini adalah:
    1. Memperkenalkan beberapa universitas terbaik di Indonesia
    2. Menjalin kerjasama dengan beberapa universitas yang ada di Philipina
    3. Mengimplementasikan hasil dari Memorandum of Understanding

Universitas yang berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia University Fair berdasarkan masukan dari Kemristekdikti dan juga beberapa universitas yang telah melakukan MoU dengan universitas di Philipina. Adapun 17 universitas tersebut sebagai berikut: Institut Teknologi Surabaya; Universitas Andalas;  Institut Teknologi Bandung; Universitas Negeri Jakarta; Universitas Diponegoro; Universitas Airlangga; Universitas Lambung Mangkurat; Universitas Pendidikan Indonesia; Universitas Hasanuddin; Institut Pertanian Bogor; Universitas Negeri Surabaya; Universitas Sebelas Maret; Universitas Gajah Mada; Institut Teknologi Sepuluh November; Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Bina Nusantara.

Acara dimulai dengan berdoa Bersama, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Philipina dan lagu kebangsaan Indonesia oleh mahasiswa dan siswa dari Perpetual Help Calamba yang diikuti oleh seluruh tamu undangan dan peserta kegiatan University Fair 2018.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan choir mahasiswa dan siswa Perpetual Help Calamba dengan membawakan  lagu nasional Indonesia yaitu “Indonesia Tanah Airku" dan tarian Indonesia. Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI. Dalam laporannya Atdikbud Manila menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempromosikan beberapa universitas terbaik di Indoensia dan memberikan kesempatan untuk menawarkan beberapa program, beasiswa, buku dan jurnal penelitian yang ada disetiap universitas kepada mahasiswa dan siswa. Kegiatan ini juga bertujuan untuk dapat menjalin kerjasama dengan beberapa universitas yang ada di Philippine.

Setelah laporan dari Atdikbud Manila, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Duta Besar Indonesia di Manila dalam hal ini diwakili oleh Ibu Trini Gunarti Sualang (Fungsi Sosial dan Budaya KBRI Manila). Dalam sambutannya yang dibacakan Ibu Trini, beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap penyelenggaran kegiatan Indonesia University Fair 2018 dan ini merupakan sebagai langkah besar untuk memperkenalkan potensi dunia Pendidikan di Indonesia kepada negara lain. Diharapkan kedepannya Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan untuk melanjutkan Pendidikan tinggi selain Eropa dan Amerika.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan Indonesia University Fair 2018 ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Ibu Trini Gunarti mewakili Duta Besar Indonesia didampingi oleh Ibu Lili Nurlaili dan perwakilan dari CHED dan TESDA Philippine sebagai tanda dibukanya kegiatan Indonesia University Fair 2018. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kesertaan secara simbolis kepada perwakilan peserta Indonesia University Fair 2018 yaitu IPB dan UNDIP

Commission on Higher Education (CHED) Philippine dan Atase Pendidikan dan Kebudayaa KBRI Manila juga memberikan presentasi tentang program-program kerja dan kerjasama antara Indonesia dan Philippine yang telah terjalin selama ini di bidang Pendidikan. Selain itu, Atdikbud Manila menjelaskan kondisi dan posisi perguruan tinggi yang ada di Indonesia di tingkat asia dan dunia. Atdikbud Manila juga menjelaskan akan memfasilitasi kerjasama antara universitas di Indonesia dan Philippine.

Pada kesempatan yang sama, 8 (delapan) universitas yang terdiri dari Universitas Indonesia, Insititut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin dan Universitas Airlangga mempresentasikan masing-masing program Pendidikan internasional yang mereka miliki. Selain itu mereka juga mempresentasikan fasilitas, kerjasama dan tawaran beasiswa yang dimiliki oleh masing-masing universitas.

Kegiatan Indonesia University Fair 2018 berjalan dengan lancar serta antusias yang sangat tinggi dari para pengunjung untuk mencari informasi Pendidikan tinggi di Indonesia. Terbukti dengan ramainya kunjungan pada setiap booth peserta Indonesia University Fair 2018.

​Acara Indonesia University Fair resmi ditutup pada pukul 8 pm oleh Ibu Lili Nurlaili sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Manila. Atdikbud Manila memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini. Selain itu, Atdikbud Manila juga memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah membantu penyelenggaran Indonesia University Fair 2018 dan tidak lupa kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia atas dukungan sehingga acara ini terselenggara dengan baik.

Semoga kegiatan Indonesia University Fair 2018 berdampak positif terhadap keinginan siswa dan mahasiswa Philippine untuk melanjutkan studi di Indonesia. Selain itu juga akan semakin banyak kerjasama yang bisa dilakukan antara universitas di Philippine dan universitas di Indonesia.