Kegiatan Magang Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di KBRI Manama

Pada tanggal 22 September hingga 29 September 2018, dua orang mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI – UMY) yaitu Heriawan dan Amalia Putri Utami serta didampingi oleh seorang Dosen Fisipol UMY, Ratih Herningtyas telah melaksanakan kegiatan magang di KBRI Manama. Kedua mahasiswa UMY tersebut merupakan peraih Best Delegate dalam praktikum diplomasi pada rangkaian simulasi Bali Democracy Forum (BDF) yang diikuti oleh 101 mahasiswa prodi HI UMY dan juga dihadiri langsung oleh Duta Besar RI Manama, Nur Syahrir Rahardjo.

Selama 10 hari berada di Bahrain, kedua mahasiswa telah melakukan berbagai kegiatan di KBRI Manama seperti magang di PF. Politik dan PF. Protkons, membantu KBRI dalam Resepsi Diplomatik, Indonesian Cultural Night dan workshop Batik di berbagai tempat di Bahrain serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan “September Ceria dan Sosialisasi Pemilu Serentak Tahun 2019" yang diadakan oleh Persatuan Keluarga Indonesia di Bahrain (PERKIBAR), PPLN dan Panwaslu LN Perwakilan RI Manama.


Kedua mahasiswa juga berkesampatan untuk melakukan Diskusi terbuka dengan Mahasiswa University College of Bahrain (UCB) dengan tema “Entrepreneurship and Innovation Dialogue". Diskusi tersebut dibuka oleh Wakil Presiden UCB, Prof Geoffrey Elliot dan dibimbing oleh Dosen UCB, Dr Sutan Emir Hidayat, seorang WNI di Bahrain yang kini menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Bisnis UCB. Pada kesempatan tersebut, UMY dan UCB berencana akan menandatangani beberapa MoU antara lain berupa pertukaran mahasiswa, seminar terbuka di kedua universitas dan lain-lain.


Kegiatan magang mahasiswa UMY di KBRI Manama terlaksana berkat kerjasama antara Prodi HI UMY dengan Kementerian Luar Negeri RI melalui Direktorat Diplomasi Publik pada bulan Mei 2018. Selama berada di Bahrain, Dosen UMY, Ratih Herningtyas juga melakukan riset mengenai Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Bahrain terutama mereka yang berada di Shelter KBRI Manama dan akan dipaparkan dalam acara seminar PMI di luar negeri khususnya di Bahrain, Duta Besar RI Manama juga akan menjadi salah satu pembicara dalam seminar tersebut. Duta Besar RI Manama menginginkan program magang mahasiswa tersebut menjadi kegiatan tahunan yang akan memberikan pengalaman luar biasa bagi para mahasiswa dan menjadi bekal di kemudian hari.