Perancang Busana Muda Barli Asmara Memukau Publik Madrid, Spanyol

12/5/2017

PERANCANG BUSANA MUDA BARLI ASMARA MEMUKAU PUBLIK

MADRID DENGAN PAGELARAN BUSANA DAN PAMERAN KAIN TRADISIONAL NEGERIKU JAMBI tanggal 4 desember 2017

 

Pagelaran busana bertemakan “Busana dan Pameran Kain Tradisional Negeriku Jambi" hasil karya perancang busana muda Indonesia Barli Asmara pertama kalinya digelar di Madrid, Spanyol pada tanggal 4 Desember 2017. Kegiatan Fashion Show ini dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Spanyol baik kalangan pejabat pemerintah dan diplomatik, bisnis, pengamat mode, industri pariwisata, kalangan maskapai penerbangan, media massa setempat, dan seluruh anggota keluarga diaspora, bertempat di Hotel Intercontinenal Madrid.

 

Pagelaran busana oleh KBRI Madrid yang bekerjasama dengan Direktorat Warisan & Diplomasi Budaya, Kemdikbud RI-Kemendikbud, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara-Kemenpar, Studio Barli Asmara, PT Wardah Cosmetics, Escuela Superior Diseño Madrid, dan Isabel Navarro Model Agency Madrid, dimaksudkan untuk mempromosikan keanekaragaman dan kekayaan warisan budaya tekstil Nusantara kepada masyarakat internasional dan mempromosikan perkembangan mode Indonesia berbasis kekayaan budaya tradisi Nusantara serta meningkatkan apresiasi terhadap kreatifitas generasi muda Indonesia di bidang rancang busana. Oleh karenanya, KBRI menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim perancang Barli Asmara yang berkesempatan mempertunjukan karyanya di Spanyol dan pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut.

 

Pada kesempatan acara pembukaan, Kuasa Usaha a.i. Adi Prianto kepada seluruh tamu undangan menyatakan bahwa pertunjukan busana Bari Asmara yang pertama kali digelar di Spanyol membuktikan bahwa karya Indonesia tidak kalah dengan perancang-perancang Spanyol yang terkenal. Kreatifitas karya Barli Asmara diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat Spanyol dan internasional sehingga kreatifitas generasi muda Indonesia di bidang seni dalam merancang busana berbasis warisan budaya dan tradisi songket Nusantara dapat bersaing dan exist di Spanyol. Harapan juga disampaikan bahwa kegiatan ini kiranya dapat menarik jumlah wisatawan Spanyol berkunjung ke Indonesia untuk menikmati secara langsung kekayaan warisan budaya tenun tradisional Nusantara.

 

Setelah pertunjukan busana berakhir, dilakukan konferensi pers dengan kalangan media model Spanyol dan peminat yang mengungkapkan berbagai pujian, apresiasi dan dukungan atas film karya busana anak bangsa Indonesia. Perancang muda Barli Asmara menyatakan penghargaan dan ucapan terima kasihnya atas kehadiran masyarakat Spanyol yang begitu antusias menyaksikan pagelaran tersebut. Menurutnya, setelah pertunjukan busana ini, kegiatan akan berlanjut pada acara workshop yang berlangsung di Sekolah Tinggi Design Madrid (Escuela Superior Diseño Madrid).

 

Sang perancang berharap karya busananya tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat Spanyol dengan mengenalkan desain dan rancangan perpaduan tradisional kain songket dan tenun tradisional Jambi yang kaya akan warna, motif dan sarat filosofi. Perancang muda terkemuka Indonesia yang menjadi Duta Songket/Tenun Jambi juga berharap kegiatan ini akan mendorong keinginan masyarakat Spanyol untuk melihat Indonesia sebagai destinasi wisata menarik di Asia

 

Kegiatan fashion show ini merupakan upaya KBRI Madrid untuk mempromosikan karya busana dan budaya tradisional nusantara.  Spanyol yang merupakan salah satu pusat mode dunia, selain Paris, Milan, London dan New York sangat memperhatikan perkembangan trend mode dunia. Di Ibukota Spanyol setiap tahun diselenggarakan Madrid Fashion Week, pagelaran karya para perancang mode terkemuka Spanyol. Tingginya perhatian masyarakat Spanyol terhadap perkembangan mode, memunculkan cukup banyak rumah mode para perancang mode terkemuka dunia seperti Oscar Dela Renta, Carolina Herrera, Adolfo Domingues, Manolo Blahnik, dan Loewe, selain perusahaan busana siap pakai seperti Mango, Zara, Massimo Dutti dan Desigual. Untuk itu, kreatifitas perancang muda Indonesia dapat terus didukung, dipertunjukkan dan di ikut sertakan pada festival dan pagelaran busana yang bersifat internasional. 

 

Madrid, 5 Desember 2017