Peragaan Upacara Mitoni di Los Angeles

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada Rabu, 13 Januari 2010 bertempat di Wisma RI Los Angeles telah dilaksanakan pagelaran budaya Indonesia dihadapan sekitar 60 hadirin dari Los Angeles Consular Corps Ladies Association (LACCLA), para anggota Phillaharmonic Society, serta beberapa tamu kehormatan seperti Mrs. Lourdes Saab (Deputi Protokol Los Angeles County), Mrs. Ginger Bernard (Mantan Deputi Protokol County of Los Angeles), dan Mrs. Elga Sharpe (Kepala Protokol Kota Los Angeles).


Acara penampilan budaya tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari pertemuan LACCLA, yang dirangkaian dengan acara jamuan makan siang tamu-tamu kehormatan lainnya, dengan menyuguhkan ragam masakan Indonesia.


Pada kesempatan pegelaran budaya tersebut telah ditampilkan sebuah tarian kreasi baru daerah Betawi (Tari Yapong) oleh tiga anggota Tim Penari KJRI serta acara peragaan upacara "Tujuh Bulanan" (Mitoni) sebagai bentuk tradisi Jawa yang di Amerika dikenal mirip dengan "baby shower".


Suguhan upacara Mitoni ditampilkan secara cukup lengkap, termasuk dengan mengenakan ragam pakaian adat Jawa. Dalam kesempatan ini, para tamu mendapatkan penjelasan yang dibawakan Konsul Muda Diyah Nuswapadi tentang proses dan makna dari enam tahapan yang terdapat di dalam upacara Mitoni tersebut.


Upacara diawali dengan "sungkeman", kemudian "siraman", "brojolan telor", "ganti nyamping", "pemutusan Lawe", "pecah kelapa" serta "rujakan". Para tam u juga diundang berpartisipasi secara interaktif dalam sesi siraman, pemilihan corak kain penyicipan acara rujakan.


Secara keseluruhan, acara yang dituanrumahi oleh Ibu Subijaksono Sujono dengan didampingi Konjen RI tersebut mendapatkan sambutan hangat dan tanggapan positif dari para tamu.


Dipilihnya upacara Mitoni sebagai bagian dari peragaan budaya tampak mendapat perhatian yang sangat baik, termasuk dari para pejabat Los Angeles yang hadir.


Salah satu bentuk perhatian itu terlihat dari antusiasnya hadirin untuk berpartisipasi langsung dalam acara siraman serta cukup banyaknya perta nyaan tentang serba-serbi upacara yang dilakukan, mengingat upacara penuh dengan nilai ritual.


Beberapa undangan bahkan sempat menyangka upacara yang ditampilkan sebagai sesungguhnya (bukan peragaan), karena terlihat demikian lengkap dan hikmat.


Melengkapi acara tersebut, juga disediakan brosur-brosur dan display mengenai potensi wisata Indonesia.


Bersama Ibu Subijaksono Sujono selaku tuan rumah juga hadir para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Los Angeles lainnya.


(KJRI - Pen/DWP)

Lihat video upacara Mitoni di sini .