Nonton Bareng Siaran Langsung Detik-Detik Proklamasi di KJRI Los Angeles

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, yang tahun ini genap berusia 70 tahun, diperingati dan dirayakan dengan meriah oleh seluruh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali di Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70 tersebut, pada hari Minggu (16/8) Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles menyelenggarakan acara Syukuran 70 Tahun Kemerdekaan RI yang ramai diikuti dan dihadiri oleh sekitar 500 orang masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya.
 
Acara Syukuran diawali dengan perlombaan dan permainan diikuti dengan bersemangat oleh masyarakat, baik dewasa dan anak-anak. Terdapat 4 perlombaan yang ditampilkan, yaitu lomba makan kerupuk, lomba joget jeruk, lomba sendok kelereng, dan lomba memasukkan pensil ke botol. Dalam rangkaian agenda ini juga telah dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Fotografi dalam rangka HUT RI ke-70 yang telah berlangsung pada tanggal 8 Agustus 2015 yang lalu.
 
Menurut Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Umar Hadi, dalam sambutannya, di usianya yang 70 tahun ini, Indonesia masih memiliki banyak tantangan dan permasalahan. Namun, di balik seluruh permasalahan tersebut, sikap optimis harus terus dipelihara bahwa rakyat Indonesia, pemimpin Indonesia, dan generasi penerus Indonesia akan terus membangun Indonesia ke arah yang lebih maju. Dalam momentum HUT RI ke-70 ini, Konjen Umar juga menekankan komitmen KJRI Los Angeles untuk terus membangun sistem pelayanan dan perlindungan yang baik, perbaikan fasilitas, serta mempromosikan Indonesia baru. Indonesia baru yang dimaksud adalah kekuatan ekonomi 16 terbesar dunia, kekuatan ekonomi terbesar di asia tenggara, serta demokrasi terbesar ketiga dunia. Selain itu, dalam rangka mewujudkan komitmen memberikan pelayanan yang baik tersebut, segenap jajaran KJRI Los Angeles juga akan melakukan penandatanganan pakta integritas setelah pelaksanaan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2015.
 
Setelah sambutan dari Konjen, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ibu Nila Umar Hadi yang selanjutnya diberikan kepada staf KJRI Los Angeles. Setelah acara pemotongan tumpeng, para pengunjung juga diajak untuk menyaksikan film pendek berdurasi 15 menit produksi KJRI Los Angeles yang menampilkan mengenai sejarah gedung KJRI Los Angeles yang telah dibangun sejak tahun 1920. Gedung KJRI Los Angeles dengan bergaya art deco tersebut termasuk salah satu dari sejumlah bangunan bersejarah yang menjadi salah satu warisan kota Los Angeles. Film pendek tersebut dapat disaksikan di saluran KJRI Los Angeles pada situs Youtube.
 
Pada hari ini, Konjen Umar Hadi juga melakukan peluncuran kembali ruang pelayanan publik KJRI Los Angeles sebagai wujud komitmen KJRI Los Angeles untuk terus memberikan pelayanan prima. Peluncuran kembali ruang pelayanan publik tersebut merupakan hasil dari upaya pembenahan yang dilakukan oleh KJRI Los Angeles, baik dari sisi SDM maupun fasilitas yang ruang pelayanan agar menjadi lebih nyaman.
 
Parade 70 kuliner Nusantara menampilkan 96 lebih jenis masakan Indonesia dari berbagai daerah. Parade ini merupakan kontribusi dan partisipasi dari masyarakat Indonesia di sekitaran Los Angeles yang dengan antusias turut serta menampilkan masakan dari daerah masing-masing, yang kemudian dicicipi bersama oleh para pengunjung.
 
Acara puncak pada rangkaian Syukuran tersebut adalah nonton bareng upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta secara live streaming melalui layar tv yang dipasang di lapangan parkir KJRI Los Angeles.
 ​