Konjen RI LA Disambut Meriah di Big Bear Lake City

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Menjajagi peluang kerjasama dan memenuhi undangan Wali Kota Big Bear Lake, San Bernardino County, California Selatan, Konjen RI Subijaksono Sujono didampingi Konsul Ekonomi Edi Suharto telah melakukan kunjungan kerja ke kota tersebut pada tanggal 10 Agustus 2009. Pertemuan Konjen RI dengan Wali Kota dan Anggota Dewan Kota Big Bear Lake dilakukan dalam dua sesi, yakni sesi tertutup dan terbuka di depan publik).

 

Pada pertemuan sesi tertutup, Konjen RI diterima oleh Wali Kota Rick Herrick, Mayor Pro Tem Bill Jahn, Anggota Dewan yang terdiri dari Liz Harris, Michale Karp, dan Darrell Mulvihill. Selain itu juga hadir Direktur Departemen Perdagangan AS untuk wilayah Inland Empire, Fred Latuperissa, City Manager Jeff Mathieu, City Attorney Steve Deitsch serta City Clerk Katherine Jefferies. Wali Kota dan Anggota Dewan Kota Big Bear Lake menyambut baik kunjungan Konjen RI dan menghargai sebagai pejabat RI pertama yang melakukan kunjungan kerja ke Kota Big Bear.

Dalam pertemuan tersebut Konjen RI memaparkan secara singkat keadaan umum dan ekonomi makro terkini Indonesia, termasuk jumlah penduduk, tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi yang tetap diproyeksikan 5% untuk tahun ini serta rencana penyelenggaraan Pameran Produk Ekspor Indonesia pada bulan oktober 2009.

 

Sementara itu, Direktur Departemen Perdagangan AS menyampaikan tren kerjasama AS-Indonesia terutama di masa Pemerintahan Presiden Obama yang menurutnya secara substantif semakin mengarah kepada peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

Baik Wali Kota maupun Anggota Dewan Kota Big Bear dan Konjen RI sepakat bahwa pembicaraan awal kedua belah pihak tersebut sangatlah penting untuk merintis kemungkinan kerjasama di berbagai bidang, termasuk kerjasama kota kembar antara Big Bear Lake dengan salah satu kota di Indonesia. Sebagai tindaklanjut kerjasama antara KJRI dan Kota Big Bear, KJRI juga mendapat tawaran menarik untuk mempromosikan pentas budaya Indonesia di gedung theatre di city hall kota tersebut yang mampu menampung 400 pengunjung.

Pada sesi pertemuan terbuka, Konjen RI diterima oleh Wali Kota serta Anggota Dewan Kota Big Bear di depan publik kota tersebut yang juga mendapatkan liputan media televisi dan koran lokal. Dalam kesempatan tersebut, Konjen RI menerima penghargaan dari kota dimaksud berupa proclamation berupa penghargaan dan pengakuan atas usahanya melakukan upaya pendekatan dan langkah kerjasama dengan Kota Big Bear Lake.

 

Konjen RI dalam kesempatan yang sama memberikan plakat dan beberapa buku serta brosur pariwisata Indonesia dan juga informasi dan formulir penyelenggaraan PPEI 2009.