KJRI LA Galang Dana bagi Korban Gempa Sumatera Barat dan Sekitarnya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bertempat di halaman parkir KJRI Los Angeles, pada hari Minggu, 11 Oktober 2009, KJRI Los Angeles bersama Masyarakat Indonesia yang berada di Los Angeles dan sekitarnya telah mengadakan acara penggalangan dana bagi korban gempa bumi di Sumatera Barat dan sekitarnya. Acara yang dihadiri lebih dari 500 orang Indonesia dan ’Friends of Indonesia’ meliputi kegiatan doa bersama lintas agama, bazaar aneka makanan Indonesia, lelang (barang, ticket pesawat) hasil sumbangan masyarakat dan hiburan band.


Selain group tari dan band serta penyanyi dari masyarakat Indonesia, tercatat 8 (delapan) group band asing yang berasal dari Los Angeles, San Diego bahkan Las Vegas turut tampil dalam mengisi acara sebagai bentuk rasa ikut prihatin atas musibah yang menimpa Indonesia. Mereka menyumbangkan hiburan dengan tanpa dibayar bahkan ada satu group band yang menyumbangkan gitar listriknya untuk dilelang dan hasil penjualannya diserahkan semua kepada Panitia untuk membantu korban bencana gempa.


Konsul Jenderal RI, Soebijaksono Sujono, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas partisipasi masyarakat dalam acara penggalangan dana serta menyampaikan maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai wujud simpati dan belasungkawa atas jatuhnya korban dan kerugian fisik yang cukup besar akibat gempa bumi di Sumatera Barat. Konsul Jenderal juga menyampaikan langkah-langkah yang sedang dilakukan oleh Pemerintah RI dalam menangani bencana termasuk penerimaan sumbangan dari negara-negara sahabat dan Organisasi Internasional lainnya baik berupa uang, obat-obatan, tenaga medis, barang, maupun peralatan berat yang dibutuhkan untuk mengangkat reruntuhan bangunan akibat gempa. Pada kesempatan itu, Konsul Jenderal juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah kelompok masyarakat Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya yang telah dan akan memberikan sumbangannya melalui organisasi mesjid dan gereja atau yayasan lainnya, sumbangan tersebut sangat berguna untuk re-covery kondisi di daerah yang terkena gempa.


Acara doa bersama lintas agama dilangsungkan secara bergantian oleh wakil agama masing-masing. Bagi umat islam, doa dipimpin oleh Farhat Ambadar, umat kristen oleh Jap Sangari, umat katholik oleh Romo Budi Wardhana dan umat Hindu oleh Agung Dharma Putra. Masing-masing para pemuka agama tersebut berdoa agar para korban gempa bumi yang meninggal dapat diterima di sisi Tuhan YME dan para korban yang luka-luka dapat disembuhkan serta yang hilang dapat cepat ditemukan kembali. Kepada keluarga para korban yang masih ada dapat diberi kekuatan dan ketabahan dalam menerima cobaan bencana dengan tidak lupa pula para pemuka agama juga mendoakan agar bangsa dan negara Indonesia diberi kekuatan dan dijauhkan dari segala bentuk bencana.


donasiKegiatan penggalangan dana yang diselenggarakan di bawah koordinasi Konsul Konsuler KJRI Los Angeles dan masyarakat Indonesia yang diwakili oleh Ketua Indonesia Muslim Foundation berlangsung dari pukul 11 pagi hingga pukul 6 sore yang melibatkan semua unsur masyarakat termasuk DWP, PERMIAS dan para tokoh agama dan masyarakat, Dari hasil, penjualan bazaar, lelang barang dan sumbangan masyarakat, pada hari itu telah terkumpul dana hingga mencapai US$. 13.204,-.


Pada malam harinya, Konsul Jenderal juga telah hadir dalam acara penggalangan dana yang berlangsung di Mesjid Ar-Rahman, Garden Grove, California. Acara ini diprakarsai oleh ”Helping Hand USA”, sebuah lembaga Sosial dan kemanusiaan Komunitas Islam yang dipayungi oleh Islamic Shura Council - Persatuan Mesjid se-California Selatan (sepadan dengan MUI di Indonesia). Di depan sekitar 50 orang undangan yang mewakili komunitas islam internasional, Shakeel Syed, pimpinan Shura Council, mengemukakan bahwa adalah tugas mulia dan menjadi tanggung jawab komunitas islam di seluruh dunia dalam membantu korban musibah gempa bumi di Sumatera, Indonesia. Lembaga ini telah mengirimkan delegasi ke lokasi bencana untuk menghimpun berbagai data yang berkaitan dengan bantuan yang akan mereka kirimkan, upaya serupa pernah dilakukan dengan sukses ketika terjadi bencana Tsunami di Aceh tahun 2004.


Dalam kata sambutannya, Konsul Jenderal RI menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas upaya Shura Council melalui lembaga Helping Hand USA yang telah membantu para korban bencana alam di Indonesia, bahkan sejak terjadinya musibah Tsunami di Aceh lalu. Konsul Jenderal berharap agar kerjasama yang telah berjalan dengan baik dapat terus terbina khususnya dengan komunitas islam Indonesia di California Selatan. Acara penggalangan dana diakhiri dengan penyerahan check dari Shura Council kepada Konsul jenderal RI sebesar US$. 5,000.00 untuk para korban bencana di Sumatera.


Untuk menampung aspirasi dari berbagai kalangan masyarakat baik masyarakat Indonesia maupun Friends of Indonesia di Los Angeles yang masih ingin memberikan sumbangannya bagi para korban bencana gempa Sumatera, Panitia telah membuka rekening di Bank Of America dengan nama ’The Indonesian Disaster Relief Fund” dengan nomor account : #03477-61768.


Dengan demikian, sumbangan yang dapat dikumpulkan dari kegiatan penggalangan dana oleh KJRI Los Angeles pada hari Minggu, 11 Oktober 2009, semuanya berjumlah US$. 19.204,75,- (Sembilan Belas Ribu Dua Ratus Empat, 75 cent US Dollar). Bantuan dana yang berasal dari sumbangan sukarela ex staf KJRI LA, Masyarakat Indonesia, Friend of Indonesia dan Shura Council tersebut , rencananya akan disalurkan ke rekening ”Dana Bencana Sumatera Barat”, dengan nomor rekening 0178872048, BNI Cabang Dukuh Bawah. (KJRI - KK)