Idul Fitri Menjadi Ajang Mempererat Tali Silaturahmi Sesama Masyarakat Indonesia di Portugal

Momentum perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia di Portugal untuk menghadiri kegiatan Sholat Ied di KBRI Lisabon dan Open House di kediaman Duta Besar RI Lisabon, Ibnu W. Wahyutomo, 15-16 Juni 2018 lalu. 

Open House dipenuhi oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di berbagai daerah di Portugal, seperti Porto, Vila Nova de Gaia, Sines, Ponte de Sor, Algarve, Figueira da Foz, Seixal, dan Lisabon.
 
Untuk mengobati kerinduan perayaan lebaran seperti di Indonesia, disajikan berbagai menu makanan khas lebaran seperti Opor Ayam, Lontong Sayur, Gudeg, Rendang, Bakso, Es Buah, Bubur Ketan Hitam, Asinan, aneka ragam jajanan pasar, dan kue lebaran.
 
Masyarakat antusias untuk saling becengkrama sambil menikmati kuliner lebaran. Meskipun jumlah masyarakat Indonesia di Portugal tidak terlalu banyak, kegiatan ini menunjukan rasa kekeluargaan yang erat antar masyarakat Indonesia.
 
Tahun ini ada hal yang baru, masyarakat muslim Indonesia di Portugal untuk pertama kalinya mengikuti pelaksanaan Sholat Ied secara berjamaah di KBRI Lisabo​n. Sholat Ied tersebut diakhiri dengan khutbah bertemakan “Merayakan Idul Fitri dengan Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT dan Memperbaiki Hubungan Sesama Manusia”.