Kemeriahan Perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia di Portugal

Momentum perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia menjadi kegiatan yang paling dinantikan oleh masyarakat Indonesia di Portugal. Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, KBRI Lisabon mengadakan beberapa rangkaian kegiatan seperti Penggalangan dan Pembinaan Masyarakat Bidang Olahraga (29/7), Upacara Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia (17/8), dan Perlombaan HUT ke-73 Republik Indonesia (18/8).

Kegiatan penggalangan dan pembinaan masyarakat bidang olahraga dilaksanakan di kota Porto, yang merupakan wilayah dengan jumlah WNI terbanyak kedua di Portugal. Juga hadir masyarakat Indonesia dari wilayah sekitar Porto seperti Braga, Leiria, Figueira da Foz, Vila Nova de Gaia, dan Guimarães. Kegiatan yang berlangsung di Estádio Universitário do Porto (GOR Universitas Porto) ini dihadiri oleh sekitar 50 orang masyarakat Indonesia. Terdapat 3 cabang olahraga yang diperlombakan, yaitu badminton, voli, dan tenis.

KBRI Lisabon melaksanakan kegiatan upacara HUT ke-73 Republik Indonesia di halaman belakang KBRI Lisabon. Kegiatan yang berlangsung dengan hikmat ini dihadiri oleh sekitar 80 orang masyarakat Indonesia. Kegiatan upacara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan secara simbolis oleh Dubes RI Lisabon kepada Ketua PPLN Portugal dan Ketua PPI Portugal.

Pada hari yang sama, PPI Portugal bekerja sama dengan KBRI Lisabon menyelenggarakan simposium yang bertajuk "Pilpres 2019: Mau Dibawa ke Mana Indonesia Kita" di kantor KBRI Lisabon. Simposium menghadirkan dua pembicara, yaitu: (1) Ibrahim Kholilul Rohman, Peneliti Ekonomi dari Universidade do Minho; dan (2) Akuat Supriyanto, mahasiswa PhD di Universidade do Porto. Kegiatan ini ditujukan sebagai intellectual exercise bagi pelajar Indonesia di Portugal dalam usaha untuk menyampaikan sumbangsih pemikiran kepada tanah air.

KBRI Lisabon juga menyelenggarakan kegiatan Perlombaan HUT ke-73 Republik Indonesia, yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 di KBRI Lisabon. Kegiatan perlombaan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk anak-anak dan dewasa. Perlombaan anak-anak terdiri dari lomba mewarnai, memasukan pensil dalam botol, lomba lari dengan membawa kelereng dalam sendok, makan kerupuk, dan tendangan penalti. Sementera untuk dewasa terdiri dari lomba tenis meja, domino, dan kartu remi.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan hadiah secara simbolis dari Dubes RI Lisabon kepada pemenang setiap cabang olahraga dan lomba yang dimainkan selama rangkaian kegiatan 17 Agustus.