Ramah Tamah Masyarakat Indonesia di Portugal, Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Sabtu 23 Desember 2017, KBRI Lisabon telah mengadakan kegiatan ramah tamah masyarakat Indonesia di Portugal sekaligus merayakan hari raya Natal dan menyambut tahun baru 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang yang terdiri dari masyarakat Indonesia beserta keluarga dan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Portugal.

Kegiatan diawali dengan Misa bersama yang diikuti oleh sekitar 25 orang masyarakat Indonesia yang beragama Katolik dan Kristen Protestan dan berlangsung dengan sangat hikmat. Prosesi Misa dipimpin oleh Pastor/Romo Nicodemus Moruk yang merupakan WNI lulusan sekolah seminari di Portugal. Setelah Misa bersama, acara dilanjutkan dengan sambutan singkat dan ucapan selamat hari Natal dari Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) RI untuk Portugal. Diharapkan kegiatan semacam ini bisa menjaga hubungan silahtrurahmi antar sesama masyarakat Indonesia di Portugal maupun dengan pihak KBRI Lisabon sekaligus sarana untuk menjaga Kebhinekaan.

Tanggapan positif dari masyarakat Indonesia di Portugal terlihat pada acara ramah tamah yang mana telah disiapkan aneka masakan nusantara ciri khas perayaan Natal sebagaimana di Indonesia. Acara menjadi semakin lebih berwarna dengan hadirnya sejumlah anggota keluarga Portugis yang dengan antusias mengikuti Misa bersama dan menikmati kuliner khas Indonesia. Disamping itu juga hadir masyarakat Indonesia lainnya yang beragama non-Katolik/Kristen Protestan. Selain itu, disediakan pula hadiah natal bagi anak-anak keluarga masyarakat Indonesia. Masyarakat yang hadir juga sangat menikmati hiburan lagu, tarian Gemu fa mi Re dan Poco-poco yang diikuti oleh sebagian masyarakat. Rasa kekeluargaan dan toleransi antar umat beragama sangat terasa di dalam Perayaan Natal 2017 kali ini.​