Kementerian Kesehatan Peru Membeli Produk Farmasi Indonesia Senilai US$ 3,1 Juta

​Kementerian Kesehatan Peru Membeli Produk Farmasi Indonesia Senilai US$ 3,1 juta

​Lima, Peru, 6 Juni 2018: Lewat proses pengadaan barang secara langsung dan elektronik, pada awal Maret 2018 Kementerian Kesehatan Peru (Minsa) melalui Badan Penyediaan Produk Strategis Kesehatan (Cenares) menyetujui pembelian obat kontrasepsi yang diproduksi oleh perusahaan farmasi asal Indonesia, PT. Tunggal Idaman Abdi (TIA), dengan merek dagang Cyclofem. Kesepakatan pembelian tersebut bernilai total US$ 3.127.282 untuk pengadaan 2.948.316 ampul Cyclofem, yang akan dikirimkan dalam 3 tahap. Diperkirakan pengiriman tahap pertama sebanyak 1,2 juta ampul akan tiba di Peru sebelum 27 Juli 2018.

Pada tanggal 2 Mei 2018 di Lima, Peru, KBRI Lima memfasilitasi pertemuan antara Cenares yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Cenares, Jose Gonzales, dengan direksi PT. TIA yang dipimpin oleh Bpk. Farid Aidid. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan tentang persyaratan dan ketentuan teknis pengemasan produk obat, dan skema pembayaran. Pada kesempatan terpisah, Bapak Farid Aidid juga berkesempatan bertemu dengan Dubes RI Lima.

Pembelian obat kontrasepsi asal Indonesia oleh Cenares merupakan yang pertama kalinya, dan membuka peluang bagi produk farmasi Indonesia lainnya untuk dapat masuk ke Peru. Sebelumnya BUMN Biofarma pernah menjual obat ke Pemerintah Peru melalui lelang yang diadakan oleh UNICEF.

Proses pengadaan obat-obatan langsung secara elektronik yang dilakukan oleh Cenares merupakan sebuah terobosan positif sebab selama ini hanya perusahaan lokal atau perusahaan asing yang memiliki perwakilan di Peru, yang dapat berpartisipasi pada proses lelang pengadaan obat-obatan. Undang-Undang Peru No. 30225 tentang Organisasi Pengawas Lelang Pemerintah (OSCE) memungkinkan perusahaan yang tidak berdomisili hukum di Peru untuk mengikuti lelang yang diselenggarakan oleh institusi pemerintah Peru, antara lain di bidang kesehatan, minyak dan gas bumi, dan lain-lain. Bagi produk obat-obatan yang disetujui pengadaannya, Cenares akan menanggung seluruh biaya registrasi sanitasi dan dapat dilakukan dalam waktu singkat. (KBRI Lima)