Antusias Masyarakat Indonesia untuk Ikut Pemilu Serentak Tahun 2019

​​​

Lima : Sabtu 11 Agustus 2018 bertempat di KBRI Lima, telah diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Pemilu Serentak 2019. Kegiatan dibuka oleh Dubes RI Lima yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya partisipasi seluruh WNI di negara akreditasi untuk menggunakan hak suaranya dan ikut menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi atau Pemilu yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 April 2019 nanti. Dubes juga berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat dapat turut berpartisipasi dan mengawal proses pemilihan umum, sesuai dengan asas Pemilu; Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia.

 

Cuasa dingin kota Lima tidak mengurangi semangat warga negara Indonesia yang hadir. Antusias masyarakat terlihat saat sesi tanya jawab, dimana peserta sosialiasi menanyakan berbagai hal terkait teknis pemungutan suara tahun 2019 mendatang. Beberapa hal yang ditanyakan antara lain; mekanisme bagi pemilih yang akan pindah ke Indonesia, tenggat waktu untuk pengiriman surat suara via pos dan pengaturan administrasinya. Selain itu  juga ada yang menanyakan apakah ada dispensasi bagi pemilih yang tidak dapat hadir saat pemungutan suara maupun yang kehilangan formulir C5.

 

Sosialisasi yang dihadiri oleh ± 40 warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih ini juga diisi dengan diseminasi peduli WNI, pentingnya lapor diri dan aplikasi safe travel oleh Fungsi Protokol Konsuler KBRI Lima. WNI yang berprofesi sebagai ABK juga menggunakan kesempatan ini untuk mengisi formulir lapor diri dan bersilaturahmi dengan Dubes dan keluarga besar KBRI serta  WNI lainnya yang hadir dengan santap siang bersama. (KBRI Lima)