Para Rohaniwan Indonesia Siap Mempromosikan Indonesia di Peru

Dalam rangka pembinaan masyarakat sekaligus pengenalan Duta Besar RI Lima yang Baru, Ibu Marina Estella Anwar Bey, pada tanggal 28 April 2018 di wisma duta telah diadakan temu muka dengan WNI yang dihadiri oleh kurang lebih 60 orang terdiri dari keluarga besar KBRI Lima, masyarakat Indonesia di Peru, diáspora dan Friends of Indonesia (FoI).

Acara perkenalan dan pembinaan dimanfaatkan juga oleh bidang konsuler untuk pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih WNI yang baru dan/atau yang belum di data. Melalui pemberitaan WatsApp grup terlihat antusias yang besar dari WNI di Peru untuk ikut terlibat dalam Pemilu 2019; terlihat dari antusiasme mereka untuk mendaftar.

 

Dalam sambutannya Dubes Estella menyampaikan bahwa salah satu prioritas utama KBRI Lima adalah perlindungan WNI di Peru dan pertemuan kali ini juga ditujukan untuk meningkatkan komunikasi serta memperkuat hubungan antara KBRI Lima dengan WNI. Dubes juga meminta agar masyarakat Indonesia di Peru ikut mempromosikan Indonesia di segala sektor termasuk bidang budaya dan pariwisata.

 

Menanggapi sambutan Dubes, perwakilan WNI Romo Thomas dari NTT yang telah bertugas 5 tahun sebagai rohaniwan di Atalaya Peru menyampaikan apresiasi kepada KBRI Lima atas pelaksanaan acara pembinaan dan tatap muka ini. Disampaikan pula bahwa seluruh WNI senantiasa mempromosikan dan memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Peru termasuk para rohaniwan yang sedang bertugas di berbagai provinsi di Peru. Romo Thomas menjelaskan bahwa para rohaniwan seringkali mempromosikan Indonesia lewat makanan yang mereka masak. Adapun sebagian besar WNI yang hadir dalam acara tatap muka berprofesi sebagai Anak Buah Kapal (ABK), Rohaniwan dan tenaga profesional.  

 

Adapun Friends of Indonesia yang hadir adalah mahasiswa Peru yang tertarik belajar bahasa Indonesia atau pernah ikut beasiswa Darmasiswa di Indonesia. Banyak mahasiswa Peru yang berminat untuk ikut program Darmasiswa dan BSBI di Indonesia mengingat Indonesia terkenal akan keindahan alam dan keramah tamahannya. (KBRI Lima).​