Violis Ukraina lantunkan Bengawan Solo

​​Kyiv, 17 Agustus 2017 - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 di Wisma Duta, di Kota Kiev ungkap Yuddy, juga bertepatan dengan perayaan 25 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Republik Ukraina. Hubungan diplomatik Indonesia – Ukraina dibuka melalui Joint Communique di Moskow, 11 Juni 1992. Namun sesungguhnya, hubungan kedua bangsa telah berlangsung jauh sebelum tanggal itu.

Bangsa Indonesia, menurut Yuddy, masih mengingat peran  Ukraina mengangkat Perang Revolusi Kemerdekaan Indonesia ke forum internasional. Saat itu, delegasi Ukraina Sebagai anggota Dewan Keamanan PBB di tahun 1948 – 194 9 dan masih merupakan bagian dari Uni Soviet mengajukan “Masalah Indonesia atau Indonesia Question" di PBB. Sehingga agresi Belanda - kepada Republik Indonesia yang masih relative muda - menjadi perhatian dunia internasional kala itu.

Selain itu, Ukraina banyak memberikan bantuan moril dan diplomasi kepada RI terkait pembahasan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sebagai Wakil Resmi pemerintah Indonesia di Ukraina pada kesempatan tersebut Duta Besar Yuddy Chrisnandi mengucapkan terima-kasih.

Dalam perayaan ini KBRI Kyiv, Ukraina menekankan peningkatan people to people contact sebagai bagian dari diplomasi total. Serangkaian acara digelar merayakan HUT RI yang ke 72 di Kiev Ukraina dengan tema Kerja Bersama. Yang menarik, untuk pertama kalinya resepsi diplomatik diselenggarakan di Wisma Indonesia di Kyiv Ukraina yaitu Kediaman Resmi Duta Besar RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia. Sebelumnya, perayaan HUT RI biasanya diselenggarakan pada bulan September menjelang musim gugur karena bulan Agustus biasanya banyak warga yang berlibur musim panas. “Sengaja, kami laksanakan upacara dan resepsi HUT RI di tanggal 17 Agustus 2017 ini agar makna Agustusan sama dengan yang ada di Indonesia" imbuh Yuddy.

Serangkaian acara peringatan HUT RI yang ke 72 sekaligus perayaan 25 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Ukraina, KBRI Kyiv menggelar berbagai kegiatan seperti Indonesia Week di Kyiv, berbagai pertandingan dan gelar budaya. Yang menarik, lagu Bengawan Solo dilantunkan dengan biola oleh para Musisi Ukraina.***

Gatot Amrih Djemirin

Koordinator Fungsi Penerangan  dan Sosial Budaya, KBRI Kyiv