ASEAN Diplomatic Night 2017 Kuwait

Kedutaan Besar negara-negara ASEAN yang berkedudukan di Kuwait City yaitu Brunei Darussalam, Cambodia, Filipina, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand dan Vietnam yang tergabung dalam ASEAN Committee in Kuwait (ACK) telah melaksanakan kegiatan ASEAN Diplomatic Night yang diselenggarakan di Hotel Jumeirah – Kuwait. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan ulang tahun ASEAN yang ke 50.

 

Tamu kehormatan dari Pemerintah Kuwait antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Kuwait H.E. Khalid Sulaiman Al Jarallah. Undangan yang hadir sekitar 500 orang terdiri dari korps. Diplomatik, para pengusaha terkemuka dan perwakilan dari masyarakat negara-negara ASEAN.

 

ASEAN Night menampilkan ragam budaya seperti tarian, lagu-lagu dan peragaan busana batik tradisional maupun modern. Disamping itu, masing-masing negara menampilkan makanan tradisional masing-masing serta berbagai kerajinan tangan serta bahan promosi lainnya yang ditampilkan di ruang pameran yang disiapkan secara khusus.

 

Dalam penyelenggaraannya, Indonesia turut menampilkan sejumlah penampilan budaya yaitu Tari Cendrawasih asal Bali dan peragaan busana pakaian tradisional dari Jawa, Betawi, Batak, Minangkabau, Dayak, Bali serta busana Kebaya dan Batik. Selain itu, KBRI juga turut menyediakan sejumlah makanan tradisional seperti Nasi Goreng, Sate Kambing, Sate Ayam, Lontong, Rendang, Mie Goreng serta Kerupuk. Adapun booth Indonesia turut menampilkan sejumlah informasi mengenai peluang investasi dan sejumlah destinasi wisata di Indonesia.

 

Untuk lebih memperkenalkan ASEAN, KBRI juga menyiapkan sebuah video presentation mengenai perjalanan ASEAN dan kemajuan ekonomi ASEAN. Para pengunjung cukup antusias menyaksikan dan menyimak informasi yang ditampilkan. Sejumlah pengunjung meyatakan kekagumannya dengan potensi negara-negara ASEAN yang begitu besar dan kemajuan-kemajuan yang dicapai. KBRI bekerjasama dengan Qatar Airways memberikan door prize tiket perjalanan gratis ke Bali untuk pulang-pergi. Acara ASEAN Bight tersebut mendapat liputan yang cukup luas dari media di Kuwait baik cetak maupun elektronik.