Official and Staff


Consul General of the Republic of Indonesia

Drs. Jahar Gultom

 

Fungsi Ekonomi


 

a.

Mengembangkan hubungan perdagangan dengan meningkatkan volume, nilai serta diversifikasi ekspor barang dan jasa ke Sarawak, dikarenakan mempunyai hubungan persamaan kebutuhan serta banyaknya penduduk berwarga negara Indonesia yang bekerja, maupun berdomisili sebagai Permanen Residen.
     
  b.
    Meningkatkan promosi perdagangan melalui pemberian informasi tentang produk buatan Indonesia termasuk penyelenggaraan pameran tahunan Trade Expo Indonesia dengan mendorong dan meningkatkan minat pengusaha setempat untuk menghadirinya guna melakukan observasi pada produk dari Indonesia tersebut
     
  c.
    Mencari peluang-peluang baru bagi masuknya produk Indonesia.
     
  d.
    Mengkaji dampak dari upaya-upaya regional atau subregional untuk melaksanakan liberalisasi perdagangan khususnya terhadap penetrasi dan daya saing produk Indonesia ke kawasan Asia Tenggara.

Staff

Alexandri Legawa

  Fungsi Sosial Budaya
 

a.

Membangun hubungan baik dengan para pelaku media massa setempat, dengan tetap memperhatikan adanya kebebasan pers, namun juga tetap mengamankan pemberitaan tentang isu-isu sensitif bagi kepentingan Indonesia
   
 

b.

Membina hubungan balk dengan unsur-unsur pembentuk opini publik dalam rangka peningkatan saling pengertian dan saling penghargaan yang dapat menunjang hubungan bilateral yang saling menguntungkan.
   
 

c.

Memfasilitasi kegiatan peliputan khususnya tentang kemajuan di Indonesia termasuk kemajuan di daerah-daerah dengan tetap memerhatikan serta melaksanakan ketentuan-ketentuan yang berlaku khususnya mengenai wilayah-wilayah Indonesia yang dinilai rawan untuk kunjungan orang-orang dari luar negeri
   
 

d.

Mendorong adanya komunikasi yang Iebih baik antara pers setempat dan pers di Indonesia, termasuk memberikan kesempatan bagi kunjungan wartawan setempat ke Indonesia, sesuai dengan ketersediaan anggaran.
   
 

f.

Menyediakan bahan-bahan informasi, termasuk press release dan tanggapan/ bantahan dalam bentuk surat kepada editor surat kabar, mengenai berbagai kebijakan Pemerintah RI baik sebagai latar belakang maupun guna meluruskan pengertian yang salah tentang Indonesia.
   
 

g.

Mengembangkan kerjasama seni dan budaya dengan mengadakan pertukaran bidang kesenian dan kebudayaan, pelatihan serta perkenalan seni dan budaya serta tari-tarian Indonesia kepada masyarakat setempat, mengingat adanya kesamaan-kesamaan di bidang budaya dan Bahasa.

 

Vice Consul / Information, Social and Culture Section

Ringgi Perdini (Sekretaris III)

Staff

Subroto Umar

    Fungsi Konsuler dan Perlindungan WNI BHI
   
a.
    Menerbitkan Afidavid bagi WNA dari Sarawak, Malaysia, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
   
b.
    Melegalisasi dan / atau meneliti dokumen-dokumen yang diperlukan WNI
   
c.
    termasuk para TKI yang bekerja di berbagai sektor.
   
d.
    Menerbitkan surat keterangan kelahiran atau surat keterangan lain bagi WNI.
   
e.
    Menerima biaya-biaya konsuler/keimigrasian sesuai dengan peraturan yang berlaku dan menyetorkannya sebagai PNBP ke rekening yang ditetapkan.
   
f.
    Mengadakan pemantauan atas keberadaan WNI di wilayah akreditasi dan melakukan pendataan keberadaan mereka agar selalu updated, termasuk mendorong para WNI melaporkan diri ke KJRI Kuching setibanya di Sarawak, Malaysia.
   
g.
    Memberikan bantuan konsuler serta perlindungan hukum bagi WNI dan BHI yang menghadapi berbagai kasus, termasuk masalah hukum, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
   
h.
    Mengurus pemberian bantuan pemulangan kepada WNI yang menjadi korban bencana alam atau dalam keadaan terlantar, dan apabila diperlukan membantu fasilitasi kepulangan WNI.
     

Consul / Consuler II Section

Muhammad Abdullah

Consul/Pelaksana Fungsi Konsuler I (Perlindungan WNI/BHI)

Windu Setiyoso (Sekretaris I)

Staff

Ridwan Widjaya S.

Staff

Rosyati Rosdin

Staff

Rizal Abdi

Consular Staff

Dedi Zainullah

Consular Staff

JERRY ALPHIANS

Consular Staff

Akasius Akang

Consular Staff

Kumayah Mellkroni

Muhammad Henri Supriyadi

Dede Suchandra

 
 
 
 
 
 
 
 
   

Consul/Immigration Officer

Edwan Febiarman

Staff

Bugi Purnomo

Staff of Immigration Section

Fazilah Monir

Immigration Staff

Wartadi

Immigration Staff

Rohmat Selamat

Immigration Staff

Sri Hartati

Immigration Staff

Aris Pratama

Immigration Staff

Ade Adiansyah

Immigration Staff

Nataliya Wang

Immigration Staff

MUHAMMAD NUR HARLIANSYAH

Police Officer/Administrative Officer

Kompol. Taufik Noor Isya

Bendahara dan Penata Kerumah Tanggaan
   
a.
    Selaku bendahara, di bawah pengawasan Kepala Kanselerai, menerima, menyimpan, menyetor, melakukan pembayaran atau penyerahan uang atau surat-surat berharga dan barang-barang, atas dasar perintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
   
b.
    Menatausahakan dan mempertanggungjawabkan anggaran Perwakilan, serta membuat dan mengirim surat pertanggungjawaban keuangan kepada instansi pemerintah terkait.
   
c.
    Selaku penata kerumah tanggaan, melakukan pengelolaan perlengkapan dan barang-barang kantor dan wisma Kepala Perwakilan termasuk kendaraan dinas dan mengurus administrasi persuratan den kearsipan.
   
   
   
   

Treasury and General Affair Officer

Hilda Surtika Wardhani

Accountant

Firman Wahyudin

Sumiati

Driver

Andri Waluyo

Staf BPKRT

Nur Diana Sari

General Affair Oficer of Consul General Resident

Roully Sinaga

Staf BPKRT

Mardian Tasman

Staf BPKRT

Irfan Ahromi

Personal Secretary of Consul General

Jospana Sinaga

Trisna Suwandy

ILO TNI

Letnan Kolonel Infantri Muhammad Iqbal Zulkarnain

ILO TNI Staff

Serka Eko Sulistiono

Staf Teknis Non Diplomatik

Petugas Komunikasi