FAQ Pelayanan Keimigrasian KBRI Kuala Lumpur

​Q = Pertanyaan

A = Jawaban

=====================================================================================

Q: Saya TKI yang tidak memiliki paspor/habis masa berlakunya, apakah saya bisa membuat paspor baru di KBRI Kuala Lumpur?

A: KBRI Kuala Lumpur menyediakan layanan pembuatan paspor baru (program perlindungan) bagi WNI yang tinggal di Kuala Lumpur/Malaysia.

Silakan datang ke KBRI dengan membawa Paspor terakhir yang dimiliki, baik yang masih berlaku ataupun habis berlaku. Apabila anda tidak memiliki Paspor RI sama sekali, silahkan datang membawa KTP Elektronik (E-KTP) atau Akta Lahir (Asli) dan Surat Keterangan Kewarganegaraan Indonesia yang dikeluarkan oleh Atase Hukum KBRI Kuala Lumpur.

Q: Bagaimana cara mengurus perpanjangan Paspor bagi WNI yang tinggal dikuala lumpur/ Malaysia?

A: Silakan datang ke KBRI dengan membawa Paspor Asli yang ada izin tinggal di Malaysia yang masih berlaku. Bagi pemohon yang menikah dengan Warganegara Malaysia, anda wajib melampirkan Buku Nikah dan Sijil Kawin, dan ID pengenal pasangan anda.

Q: Bagaimana cara mengurus perpanjangan Paspor Anak bagi WNI yang tinggal dikuala lumpur/ Malaysia?

A: Silakan datang ke KBRI dengan membawa Paspor Asli Anak, Paspor ayah atau ibu, permit/izin tinggal ayah atau ibu yang masih berlaku, buku nikah orang tua, akta lahir anak, surat kenal lahir dari Konsuler KBRI (apabila anak lahir di Malaysia), dan surat pengangkatan anak (jika pemohon adalah anak angkat).

Q: Bagaimana cara mengurus paspor yang hilang?

A: Teruntuk WNI yang kehilangan paspor, silakan datang ke KBRI dengan membawa Surat Kehilangan yang bisa anda dapatkan dari Balai Polis, fotokopi Paspor yang hilang (jika ada) atau KTP Elektronik, dan fotokopi Izin Tinggal di Malaysia yang masih berlaku.

Q: Berapakah biaya pembuatan paspor di KBRI?

A: Biaya Paspor:

  1. Penggantian/Rusak/Hilang karena bencana alam (48 Hal): RM 109
  2. Hilang (48 Hal): RM 200
  3. Penggantian/Rusak/Hilang karena bencana alam (24 Hal): RM 48
  4. Hilang (24 Hal): RM 78

Q: Bagaimana prosedur/cara mengurus surat  SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor)?

A: Tahapan/syarat pembuatan SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) adalah sebagai berikut :

  • Silakan datang ke KBRI dengan membawa Paspor yang masih berlaku atau telah habis berlaku (jika ada). Jika anda tidak memiliki Paspor, harap membawa dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Lahir, atau Kartu Keluarga (KK). Apabila anda tidak memiliki dokumen sama sekali, silakan merujuk ke bagian Atase Hukum terlebih dahulu.
  1. Untuk pemohon yang membawa anak yang tidak memiliki dokumen atau dokumennya kurang lengkap, silakan merujuk ke bagian Atase Hukum.

Q: Berapakah biaya pembuatan surat  SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor)?

A: Biaya pembuatan SPLP Perorangan adalah RM 33.

Informasi lebih lanjut terkait dengan keimigrasian, paspor dan visa, silakan kunjungi tautan https://www.kemlu.go.id/kualalumpur/id/berita-agenda/info-penting/Pages/Paspor.aspx