GUBERNUR NEGARA BAGIAN UTARA SUDAN TAWARKAN 3 PELUANG KERJASAMA PADA INDONESIA

KBRI Khartoum (25/11/2018). Dubes RI Khartoum, Rossalis R. Adenan, telah  melakukan kunjungan ke Donggola, ibukota Negara Bagian Utara Sudan pada tanggal 23~27 November 2018 dalam rangka kunjungan kehormatan dan perkenalan sebagai Dubes Baru serta menjajaki kemungkinan kerjasama ekonomi kedua negara. Disamping itu juga dalam rangka mengunjungi kampung halaman Sheikh Surkati, Ulama Sudan yang dikenal di Indonesia jauh sebelum kedua negara merdeka.

 

Dalam kesempatan kunjungan, Dubes RI berkesempatan mengadakan pertemuan dengan Gubernur Donggola, Negara Bagian Utara Sudan, Mr. Yassir Yousif Ali. Gubernur Negara Bagian Utara sambut hangat kedatangan Dubes RI dan menyambut baik kunjungan yang dilakukan seraya menyampaikan akan memberi kesempatan kepada Indonesia untuk bekerjasama di bidang investasi dan  perdagangan kedua negara. Gubernur menawarkan 3 (tiga) bidang yang bisa dikerjasamakan dengan Indonesia. Pertama adalah bidang Pertanian dan peternakan. Kedua, pertambangan emas, meski sudah ada kerjasama dengan perusahaan asing lain, namun Donggola masih membuka peluang bagi pengusaha  Indonesia yang berminat di bidang pertambangan emas ini. Ketiga adalah bidang pariwisata khususnya tempat2 wisata diantaranya sejarah tentang asal muasal Firaun, peninggalan purbakala di Merowe dan sejarah kebudayaan Islam.

 

Pertemuan Dubes RI dengan Gubernur Negara Bagian Utara Sudan berlangsung lancar dan penuh persahabatan. Kedua pihak berjanji akan menindaklanjuti dan melakukan upaya~upaya bagi peningkatan hubungan antara Indonesia~Sudan dan khususnya dengan Negara Bagian Utara.