Roadmap Kerja Sama PIBF dengan KJRI Karachi Harus Dilakukan- Konjen RI Karachi

Pada tanggal 1 Oktober 2018, Konjen RI Karachi, Bapak Totok Prianamto, telah mengadakan pertemuan dengan Mr. Shamoon Zaki, Ketua Pakistan – Indonesia Business Forum (PIBF) serta para pengusaha yang tergabung didalamnya, di kantor PIBF, Karachi Pakistan, pada tanggal 1 Oktober 2018. Pertemuan tersebut dimaksudkan sebagai kunjungan ke kantor PIBF sekaligus kelanjutan dari pertemuan pertama dengan PIBF pada bulan Juni 2018.

 

Konjen RI Karachi mengapresiasi upaya PIBF selama ini untuk mempromosikan peningkatan hubungan diantara kedua negara dalam berbagai aspek. Namun, beliau menyebutkan bahwa masih banyak yang bisa diberikan oleh PIBF untuk meningkatkan potensi tersebut. Untuk rencana kedepannya, Konjen RI Karachi menekankan perlunya PIBF untuk membuat roadmap rencana kerja sama antara PIBF dengan KJRI Karachi. Roadmap tersebut dapat memetakan rencana kegiatan kerja sama antara PIBF dengan KJRI Karachi dan mengidentifikasi potensi-potensi pertemuan bisnis antara pengusaha Indonesia dan PIBF. Konjen RI Karachi mengharapkan PIBF proaktif dalam penyusunan roadmap.

 

PIBF menyambut baik usulan Konjen RI Karachi terkait pembuatan roadmap kerja sama PIBF dan KJRI Karachi. Mereka berjanji akan mencoba menyusun roadmap tersebut untuk kemudian dikomunikasikan kembali ke KJRI Karachi. Dalam penyusunan roadmap tersebut, PIBF menekankan pada pentingnya kemudahan perjalanan bagi pengusaha Pakistan untuk ke Indonesia dan sebaliknya. Dalam kaitan tersebut, mereka mengharapkan kedepannya akan lebih mudah untuk mendapatkan visa multiple bagi pengusaha Pakistan serta penerbangan langsung antara Indonesia dan Pakistan. Mereka juga menekankan pada pentingnya peningkatan people-to-people contact antara kedua negara, baik di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi maupun di bidang sosial budaya. Oleh karena itu, mereka mengusulkan pertukaran penampilan kebudayaan antara Indonesia dan Pakistan yang lebih intens.

 

Dalam kesempatan tersebut, PIBF juga menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada korban bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah. Mereka juga mendoakan agar kondisi di sana cepat pulih seperti semula.

 

Di akhir pertemuan, Konjen RI Karachi dan PIBF sepakat untuk terus berupaya menerjemahkan komitmen kerja sama kedalam tindakan yang konkrit untuk terus meningkatkan hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Pakistan. Konjen RI Karachi juga kembali menekankan pentingnya bagi PIBF untuk segera menyusun roadmap dimaksud sebagai basis kerja sama kedepannya.

 

Sumber: KJRI Karachi